Dari CS sampai ke Penghargaan Usulan Riset Terbaik – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Customer Service (CS) pada bank kerap kali memberikan penawaran fitur-fitur produk tabungan seperti kartu debit, kartu kredit, mobile banking, net banking, simpanan haji, pinjaman, KPR dan masih banyak macamnya. Hal yang biasa dilakukan oleh CS bank-bank konvesional di Indonesia saat melayani calon nasabah ternyata juga dilakukan oleh bank syariah. Lalu apa yang membedakan bank syariah dari bank konvensional? Sedangkan data menunjukan pertumbuhan tabungan bank syariah sedang mengalami penurunan.

Pemikiran tentang pelayanan di bank syariah yang menyerupai bank konvensional ini menginspirasi  dosen Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Fitri Nur Latifah dan Ruslianor Maika membuat proposal riset bertajuk “Eksplorasi model penjualan produk Tabungan Bank Syariah.”

Perbedaan paling mendasar, “bank syariah memiliki tabungan mudharabah, yaitu memberikan bagi hasil kepada pemilik tabungan sesuai dengan nisbah yang telah disepakati dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening, ungkap Fitria saat memulai sesi wawancara dengan humas Umsida (20/12/2017). “Inilah yang seharusnya ditekankan kepada calon nasabah pasa saat pertama kali membuka rekening,” kata Rusli menekankan keunggulan bank syariah.

Usulan penelitian Fitria dan Rusli ingin mengubah mindset dengan menjual value of products dari sisi keuntungan finansial. “CS, dalam melakukan penjualan produk bank syariah, jangan hanya menawarkan fitur-fitur produk tabungan, namun juga manfaat financialnya,” sambung Rusli. Berikut adalah contoh naskah yang bisa digunakan CS bank Syariah untuk melayani calon nasabah sebelum membukan rekening di bank syariah.

Sebelumnya saya jelas kan terlebih dahulu mengenai tabungan mudharabah, syaratnya nanti cukup KTP dan NPWP aja yang masih berlaku sesuai dengan domisili, kalau tidak ada NPWP nanti mengisi surat pernyataan.

Untuk fitur minimal setoran selanjutnya 10rb. Minimum saldo yang mengendap 50 ribu. Penarikan perhari 5 juta perjaringan kerjasama. Jadi untuk kartu ATMnya selain bisa digunakan di merchant juga bisa digunakan di BRI, performa dan prima sendiri tapi juga bisa digunakan diseluruh merchant yang berlogo Debit BRI, BCA, bersama dan prima.

 Jadi total empat jaringan ya ibu, kalau misalnya mau digunakan untuk tarik berarti bisa sampai 20 juta perharinya via ATM dimasing-masing jaringan dimesin ATM. Misalnya dari syariah 5 juta, bersamanya 5 juta di prima BCAnya 5 juta, dan BRI lainnya. Dan itu harus pindah-pindah jaringan.

Tabungan juga mendapatkan bagi hasil dengan nisbah atau porsi pendapatan sebesar 10%.

Ada yang ingin ditanyakan sebelum diproses?

Usulan itu akhirnya berhasil mengantarkan mereka mendapatkan penghargaan The Best Research Proposal tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan pada ajang HSBC Indonesian Research Award (HIRA) 2017 di Hotel Aryaduta Gambir Jakarta (6-9/12/2017) bersama ketiga mahasiswanya Robertta Indira Mawarrini, Nur Laili Afidah dan Aisana Arum Pawestri yang mendapatkan penghargaan sebagai The Best Scientific Publication (baca http://umsida.ac.id/pantang-menyerah-tiga-mahasiswi-umsida-ini-kalahkan-peserta-dari-s2-dan-s3/).

Related Post