Penulis : umsidaj4y4 January 12, 2018 / Berita

UMSIDA.AC.ID– Di Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), semua produk alam bisa jadi bahan percobaan dan menghasilkan. Eka Santi (kiri) dan Iftita Aprilia (kanan) menampilkan hasil percobaan membuat sirup jernih di Bazar IPA Kamis (11/1/2017). Usut punya usut, sirup manis dan nikmat karya Eka dan Iftita berbahan dasar kulit singkong. Subhanalloh, sungguh benar segala ciptaan Allah tidak ada yang sia-sia.

Membuat gula dari kulit singkong dangat mudah. Setelah kulit dikelupas dari buahnya, “Kulit singkong direndam dengan air selama dua hari Lalu diblender dan diambil sarinya,” ungkap Eka saat ditanya umsida pers. “Sari kulit singkong itu lalu direbus sampai mendidih dan ditambah enzym alfa amilase, setelah terlihat agak mengental, sari kulit singkong didiamkan selama sehari dan siap dikonsumsi karena telah berupa sirup,” tambahnya.

Yang lebih menarik lagi, sirupnya jernih, bisa ditambahkan sebagai pemanis minuman atau makanan, dan tak bikin gendut. Buat yang suka manis tapi takut gendut, bisa dicoba karya mahasiswa Umsida ini. Selamat Mencoba!

Related Post