Penulis : umsidaj4y4 February 11, 2018 / Berita

Sebagian besar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) semester 6 saat ini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) guna mengabdi kepada masyarakat. Mereka tersebar di beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Namun, siapa sangka, dua mahasiswi prodi akuntansi Mutiara Nilam Ayu Cahyani (kanan) dan Ni’matul Pamungkas (kiri) rela izin sehari datang jauh-jauh dari Mojokerto demi mengikuti  pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Humas Umsida (8/2/2018).

Kepada umsida.ac.id, mereka ceritakan via whatsapp alasannya (11/2/2018).

“Saya rela meninggalkan KKN untuk pelatihan jurnalistik karena ini kesempatan bagi saya untuk mengenal jurnalis lebih dalam lagi,” ujar mahasiswi yang akrab disapa mutiara.

Mutiara mengungkapkan, dirinya rela bolos mengajar di hari itu karena rangkaian acara pelatihan tersebut dihadiri oleh pemateri-pemateri handal seperti Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Najib Hamid, Editor pwmu.co Muhammad Nurfatoni, Editor umsida.ac.id sekaligus Kepala Seksi Humas Umsida Dian Rahma Santoso dan penulis artikel ternama Kumara Adji Kusuma.

“Saya suka jurnalis dimanapun saya berada tanpa disuruh saya akan menulis sendiri karena sudah menjadi kebiasaan saya jika hal-hal di setiap aktivitas yang saya anggap penting saya akan catat.” Imbuh mahasiswi yang tergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkar Studi Mahasiswa Kreatif (LSMK) itu.

Meskipun bukan seorang jurnalis, Mutiara terus belajar dari tiap tulisan yg sudah dikoreksi editor. Bahkan setiap kegiatan di KKN juga dia share ke dalam web KKN miliknya.

Bagi Mutiara, menulis bisa menjadi pengingat jika di kemudian hari ia butuh informasi yang ia butuhkan, “Nulis itu reminder yang paling ampuh bagi saya. Saya akan buka note saya, web yg saya isi, dan lainnya,” tambah Mutiara.
“Kalau saya tidak ikut pelatihan itu saya pasti menyesal karena belum tentu di lain kesempatan ada lagi,” imbuhnya.

Sejalan dengan Ni’ma, sapaan akrab Ni’matul Pamungkas, memilih mengikuti pelatihan jurnalistik karena beberapa alasan,
“Saya izin ke kordes untuk izin KKN sebentar saja karena pelatihan jurnalistik ini perdana, jadi saya tidak mau ketinggalan juga,” ungkapnya penuh semangat.

“Pelatihan jurnalistik ini sudah saya tunggu-tunggu sejak lama dan alhamdulillah sekarang bisa menambah ilmu sekaligus menambah teman baru seperjuangan,” imbuhnya.

“Tapi setelah pelatihan selesai saya langsung kembali ke Mojokerto untuk melanjutkan kegiatan KKN lagi,” pungkas gadis kelahiran Sidoarjo ini. (rizky/ni’ma)

Related Post