Tutor Sebaya, PIK-M Ciptakan Generasi Unggul Pembangun Masyarakat – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

UMSIDA.AC.ID-Secara demografi, jumlah anggota masyarakat yang terus bertambah membawa dampak dan negatif. Kecenderungan ke arah yang positif membutuhkan agen-agen pemicu yang berperan aktif. Melihat kebutuhan ini UKM PIK-M (Pusat Informasi Konseling Mahasiswa), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, mengadakan pelatihan Tutor Sebaya (28/1/2018). Harapannya, Tutor Sebaya ini membentuk pribadi-pribadi yang secara sukarela berperan aktif di masyarakat, menyebarkan informasi tertentu yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi terkini.

Pemberian informasi ini diharapkan menjembatani anggota masyarakat yang memiliki bakat, motivasi atau kemampuan tertentu, namun minim informasi, sehingga kurang berkembang maksimal. Selain itu, informasi yang diberikan, diharapkan membawa pengaruh positif pada anggota masyarakat.

Pelatihan yang menitikberatkan pada pelatihan “Life Skill” seperti komunikasi dan pengetahuan umum, serta penguatan “Soft Skill” seperti kejujuran, kerajinan, ketanggapan dan empati.

Demi mencapai hasil yang maksimal, pelatihan secara umum dirancang dengan format Broad Based Education (BBE) sehingga dapat membentuk kepribadian yang mapan dari segi kecakapan pribadi dan wawasan umum sehingga dapat berkontribusi aktif dalam sebaga bidang di tengah masyarakat. (fikri/dian)

Related Post