Penulis : umsidaj4y4 April 3, 2018 / Berita

UMSIDA.AC.ID- Dalam menigkatkan kualitas akademik yang baik, civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Umsida menyelenggarakan kuliah tamu yang dikemas dalam International guest lecture pada Selasa (3/4). Kegiatan  yang berlokasi di aula KH. Ahmad Dahlan ini  merupakan hasil dari kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan University Utara Malaysia (UUM). Kegiatan yang bertajuk “Corporate Identity Of Higher Education Learning,” turut mengundang dua Dosen University Utara Malaysia yaitu, Dr Bachtiar Mohamad dan Dr Nik Adzreiman. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP).

Acara yang dipandu oleh moderator dosen FISIP UMSIDA  Poppy Febriana SSos MMedKom membahas tentang bagaimana pentingnya identitas suatu Universitas serta bagaimana cara dalam mencapai target akreditasi di skala nasional maupun internasional. Universitas lintas negara ini juga berkomitmen untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan serta mengadakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester secara gratis guna meningkatkan kualitas.

Dr Bachtiar Mohamad berbagi informasi bagaimana cara meningkatkan identitas Univerity Utara Malaysia yang saat ini meraih peringkat 6 di Malaysia. Dalam pencapaian itu semua Dosen dan mahasiswa harus terlibat dalam mengejar rangking. Menurut Beliau, umsida harus menjadi salah satu Universitas unggulan di tingkat propinsi, Nasional, dan Asia. Dalam sebuah pemaparannya, Beliau menunjukkan data statistik tentang research public bahwa Singapore dan Malaysia cukup unggul dalam produktifitas  membuat artikel penelitian. Hal ini dibuktikan dengan kebijakan yang mengharuskan Dosen untuk membuat 2 tulisan penelitian ke index scopus setiap semesternya.

Dr Bachtiar mempunyai harapan tersendiri, “Semoga informasi yang telah diberikan, dapat dipahami oleh mahasiswa tentang peran meningkatkan corporate identity Umsida di kalangan masyarakat,” ujar Postgraduate Coordinator University Utara Malaysia.

Kepada pers humas Umsida Poppy Febriana SSos MMedKom menjelaskan, Umsida sudah pasti berkeinginan menjadi kampus unggulan, perlahan-lahan banyak Prodi di Umsida yang telah terakreditasi minimal B bahkan sudah ada yang terakreditasi A.  Institusi kita juga sudah terakreditasi dan sudah mendapat sertifikat ISO, itu upaya kita untuk menuju yang terbaik seperti yang dilakukan oleh University Utara Malaysia,” ujar Dosen Prodi. Ilmu Komunikasi tersebut.

Poppy menambahkan Dosen FISIP juga dituntut membuat penelitian, mahasiswa juga diharuskan mengikuti lomba  penelitian.Terlepas dari menang atau kalah, setidaknya dengan mengikuti lomba diluar itu merupakan salah satu cara untuk menciptakan image branding  dan akan dikenal oleh masyarakat luas. (Poppy/Rizky)

 

Related Post