Penulis : umsidaj4y4 April 4, 2018 / Berita

UMSIDA.AC.ID– Sidoarjo butikan kemajuan teknologinya melalui E-Voting dalam pelaksanaan pilkades serentak pada tanggal 24 Maret 2018 mendatang.

Seperti yang diketahui bahwa di Jawa Timur belum ada yang menggunakan E-Voting untuk pemungutan suara. Untuk itu Sidoarjo pastikan akan menjadi kabupaten pertama di Jatim yang menggunakan E-Voting. “Sidoarjo siap jadi kabupaten pertama yang melaksanakan pemilihan menggunakan E-Voting dan yakin pelaksanannya akan sukses”, ujar Bupati Sidoarjo pada pembukaan pelatihan E-Voting di DPMD Sidoarjo.

Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai pelaksana teknis. Untuk itu Umsida mengirimkan volunteer dari Fakultas Teknik yang tergabung dalam IMM Al-Farabi, ASLAB Elektro, dan didominasi oleh ASLAB Informatika.

Mahasiswa fakultas teknik cuku berpengalaman dalam hal E-Voting. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan E-Voting dalam pemilihan pemimpin Muhammadiyah sebelumnya. Selain itu, dipilihnya volunteer dari fakultas teknik karena mahasiswa teknik mempunyai skill yang mumpuni dalam bidang teknologi.

Dilaksanakannya E-Voting ini karena pemungutan suara secara tradisional dirasa tidak efisien dan tidak jarang terjadi kecurangan. Untuk itu teknologi ini diharapkan mampu menjawab permasalahan yang terjadi.

Pelaksanaan E-Voting sangat mudah, pemilih hanya perlu membawa KTP yang akan discan oleh petugas, selanjutnya pemilih akan mendapat kartu pilih untuk dimasukkan ke alat yang terpasang di bilik suara, ketika kartu sudah dimasukkan maka layar akan menampilkan daftar calon pemimpin, setelah memilih maka printer akan mencetak hasil yang telah dipilih untuk dimasukkan ke dalam kotak suara. Setelah selesai, pemilih harus melepas kartu pilih untuk diserahkan kepada petugas. (Fitri/MZF)

Related Post