fhimm2

IMM FH UMSIDA: Putusan Terhadap Ahok Bukan Ultra Petita

Kasus penistaan agama yang kerap diperbincangkan di kancah nasional dan internasional membuat Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) turut mengkaji putusan kasus tersebut melalui kegiatan ilmiah Bedah Putusan Kasus Penistaan Agama Yang Dilakukan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang diselenggarakan IMM Komisariat Hukum (15/5). Kegiatan ini tentunya akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa khususnya kader IMM terhadap putusan yang dijatuhkan pada kasus penodaan agama di Indonesia serta memancing mahasiswa untuk berpikir kritis dan bersikap terbuka.

Akademisi Hukum Pidana UM Surabaya Muridah Isnawati SH MH selaku narasumber menyampaikan tentang isu ultra petita (putusan melampaui tuntutan jaksa), “Isu Ultra Petita tidak berlaku untuk kasus pidana. Jadi, pro kontra terhadap putusan Ahok harus dipandang hal biasa. Namun secara hukum, apa yang dilakukan Ahok telah memenuhi rumusan pasal 156 dan 156a KUHP, yang disana juga telah ditentukan pidananya,” ungkapnya.

Acara yang dihadiri seluruh mahasiswa FH Umsida ini berlangsung interaktif dan mengandung pesan agar generasi muda tidak mudah bersikap tinggi hati dan wajib memperhatikan setiap kata yang terucap, karena ucapan kita mencerminkan siapa diri kita. Jaga sikap, jaga toleransi, dan jaga NKRI. (fat/fik/dian)

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *