feb5

Pacu Kreativitas Mahasiswa Berbisnis, FEB UMSIDA Adakan PKM Internal

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) terus dipacu kemampuannya agar siap menjadi lulusan kreatif dan inovatif, salah satunya dengan menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) internal FEB UMSIDA bertajuk “Melahirkan Mahasiswa Kreatif dan Inovatif Menuju Pimnas”. Dari total 64 tim, hanya 10 tim, 5 tim prodi akuntansi dan 5 tim prodi management, yang lolos babak final (21/05).

Diantara banyak bidang yang ditawarkan, bidang kewirausahaan masih mendominasi pilihan mahasiswa. Selain lebih mudah dalam pembuatan, pkm ini pun memiliki profitabilitas tinggi jika di implementasikan di kehidupan sehari-hari. Salah satu PKM kewirausahaan yang cukup menarik adalah BUDELA (Burger Bandeng Lapindo) mengangkat bandeng, hasil alam khas Sidoarjo, menjadi bahan utama pengganti daging (patties) dalam pembuatan burger. Tim yang di ketuai oleh MS Herdianto ini mencampurkan rempah-rempah alami sebagai penyedap patties sehingga burger ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Roti burger ini pun diubah menjadi warna-warni menggunakan pewarna alami seperti warna hijau dari sayur (Sawi) dll.

Lain halnya dengan TENNER (Solusi Limbah Banner). Banner yang selama ini menjadi limbah yang paling sulit diurai disulap tangan Amar Muzakki dan tim menjadi tas anti air dan kuat. Kreativitas tersebut akhirnya membawa tim TENNER meraih runner-up. Di sisi lain, Alis setyawati, Rizky Masfuriatul Jannah, dan Anharul Kholidin berhasil menjuarai PKM internal UMSIDA mengolah jeans bekas menjadi kreasi sepatu serta tas cantik diberi nama De’MEJZ.

PKM internal FEB UMSIDA ini membawa respon positif bagi dosen maupun mahasiswa. Menurut salah satu dosen Dewi Komala Sari, SE MM, “Lomba PKM ini sangat cocok diadakan di FEB karena untuk kedepannya ide-ide usaha mereka dapat menciptakan peluang bisnis dan lapangan pekerjaan bagi yang lain,” pungkasnya. (dian)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *