IMG_8399

Smarter City and Smarter People Through Innovative Internet of Things

Peningkatan pelayanan kinerja kini sudah menjadi hal yang sangat lazim bagi lembaga atau institusi baik swasta maupun pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber dayanya. Menanggapi hal ini, Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMATIF) Fakultas Teknik menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Smarter City and Smarter People Through Innovative Internet of Things (21/5) di Aula KH. Achmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Dekan Fakultas Teknik Izza Anshory ST MT menyampaikan pentingnya Kepala Daerah dan pimpinan Kepala Dinas Kabupaten Sidoarjo memanfaatkan teknologi Internet of Things dalam rangka meningkatkan pelayanan, kinerja dan kesejahteraan,  serta untuk terlibat komunikasi lebih efektif dan aktif dengan masyarakat kabupaten Sidoarjo, “Berbagai masalah di Sidoarjo dapat dibantu penyelesaiannya dengan sinergi yang kuat antara Institusi perguruan tinggi (praktisi teknologi informasi, dosen, mahasiswa), industry swasta penyedia teknologi informasi (PT. Telkom Indonesia), dan media.” Sehingga, “Dengan adanya Internet of Things pimpinan Dinas dan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo dapat memonitoring dan mengendalikan jenis-jenis pelayanan yang menjadi wewenang masing-masing dinas kabupaten Sidoarjo,” lanjutnya.

Principal Expert Internet of Things, Divisi Digital Service PT. Telkom Indonesia, I Ketut Agung Enrico, menjelaskan berbagai macam aplikasi Internet of Thins untuk menjawab berbagai macam kebutuhan masyarakat, “Adapun aplikasi internet of things sebagai pendukung Sidoarjo Kota Cerdas yaitu kontrol cerdas penggunaan energy, pelayanan pendidikan yang cerdas (e-learning, virtual classroom), smart agriculture (bagaimana memonitoring irigasi, pemupukan, dll), pelayanan kesehatan (Smart Health Care), dan pelayanan bergerak (parkir, manajemen trafik).” Masih banyak lagi aplikasi teknologi Internet of Things yang dapat mempermudah warga kota Sidoarjo untuk kehidupan sehari-harinya. Pada akhir penyampaian materinya, bapak I Ketut menawarkan kesempatan bagi warga kota Sidoarjo untuk membuat start Up Enterpreneur yang diajukan proposalnya ke pihak PT. Telkom. Hal lebih jauh dapat diakses  di www.indigo.id.

Pakar teknologi informasi Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., PhD menyampaikan implementasi aplikasi pemrograman untuk Internet of Things, Aplikasi pemrograman dapat dilakukan melalui praktik untuk mengaktifkan relay on off, aplikasi sensor cahaya atau Light Diode Resistor (LDR), dan jenis-jenis sensor lain yang dihubungkan dengan teknologi mikrokontroller Arduino, yang dikoneksikan dengan internet, sehingga bisa dikontrol melalui jarak jauh,” pungkasnya. (dian)

 

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *