IMG_3380

Bentuk Generasi Berkualitas dengan Menikah pada Usia Ideal

Minggu (8/10) UKM PIK-M (Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa) UMSIDA mengadakan seminar pendewasaan usia perkawinan dengan tema menikah usia ideal kunci membentuk keluarga kecil, bahagia, sejahtera di Aula K.H Ahmad Dahlan Gedung E.

Tepat jam 09.00 WIB acara berlangsung dengan hikmat. Acara dipandu oleh Master of Ceremony dari panitia seminar. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Nur Kholisah selaku ketua pelaksana seminar, Yayang Al Maqiyah selaku ketua umum UKM PIK-M dan Bapak Hamzah Setiawan S.Kom selaku kemahasiswaan UMSIDA. Acara inti dipandu oleh moderator Mega Sri Rahayu dengan menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Ibu Nyigit Wudi Amini, S.Sos., M.Sc selaku Kasubid Bina Kesehatan Remaja BkkbN Provinsi Jawa Timur yang membahas dari segi aspek ekonomi & aspek psikologis dan Ibu Sri Andari E, SKM, MM selaku Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Di sela-sela acara, audience/peserta seminar disuguhi hiburan dari UKM Teater Gedhek.

IMG_3398

Menikah semata-mata bukanlah menghalalkan yang haram saja. Namun pernikahan adalah penyatuan dua insan dari latar belakang yang berbeda, pemikiran yang berbeda maupun jenis kelamin yang berbeda untuk membentuk kehidupan bersama. Tentunya hal ini bukan sesuatu yang mudah. Seseorang yang hendak menikah sebaiknya mengetahui beberapa hal antara lain bagaimana menyiapkan mental, fisik dan spiritual, bagaimana mengelola konflik rumah tangga, bagaimana menjadi orang tua hebat, bagaimana menjaga kesehatan reproduksi dan lain sebagainya.

Di dalam UU Perkawinan menjelaskan bahwa seseorang diperbolehkan menikah pada usia minimal 16 tahun. Namun secara psikologis umur ideal untuk menikah terletak pada umur 21 tahun (wanita) dan umur 25 tahun (pria).

Melalui seminar yang diadakan UKM PIK-M dihimbau khususnya bagi wanita agar tidak terburu-buru menikah atas nama cinta saja. Menikah pada usia dini terlalu banyak resikonya karena tubuh dan rahim yang belum siap. Memang pada umumunya wanita menstruasi pada usia 15 tahun. Namun belum tentu pada usia tersebut rahim sudah siap dibuahi. Kematangan rahim terletak pada usia 20-35 tahun. Banyak resiko jika wanita melahirkan dibawah usia yang telah ditentukan antara lain bayi prematur, pembentukan panggul yang belum ideal, kesehatan reproduksi yang rendah, tingkat kematian ibu tinggi, dan kesehatan bayi menurun.

IMG_3399

Jika memilih teman saja harus berhati-hati. Apalagi memilih pasangan dan kemudian memutuskan untuk menikah dengannya. Maka menikahlah ketika sudah siap menjalani kehidupan rumah tangga dengan segala konsekuensinya. Jangan melupakan kehidupan perencanaan keluarga dengan semboyan 2 anak cukup untuk menciptakan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Karena yang berencana maka dialah yang berbahagia. Salam GenRe ! (ni’ma)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *