IMG-20171008-WA0007

Panthom sebagai Bahan Praktik sebelum Menangani Pasien

Kebidanan bukan hanya tentang bayi baru lahir dan ibu bersalin, namun kebidanan adalah tentang siklus hidup perempuan, mulai dari masa sebelum terbentuknya calon bayi, fase anak-anak dan remaja, fase wanita usia reproduksi, fase menjadi ibu, sampai fase menopause. Kita juga belajar tentang penyakit reproduksi perempuan. Dari perempuan untuk perempuan.

Tidak ada spesialisasi dalam jurusan kebidanan, karena jurusan ini sudah spesial: segala hal tentang perempuan.

Univeritas Muhammadiyah Sidoarjo memiliki berbagai Fakultas salah satunya yakni Fakultas Ilmu Kesehatan yang terdapat prodi D4 Analis Kesehatan dan D3 Kebidanan. Keunikan dan keseruan telah dilalui oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA tidak hanya teori saja yang mereka dapatkan melaikan juga praktik dan terjun langsung ke masyarakat.

IMG-20171008-WA0007

Seperti halnya potret di atas menunjukkan bahwa mahasiswa sedang praktik keahlian seperti menyutik, konseling, dan sebagainya. Namun uniknya mereka membuat phantom sendiri untuk dibuat bahan praktik sebelum menangani  pasien.

Pembuatan phantom didampingi oleh dosen pembimbing dan tim laboran, alasan mereka membuat phantom agar kreatifitas mahasiswa dapat dikembangkan serta menggunakan alat kesehatan yang sudah tidak di pakai menjadi barang yang unik dan menarik. Seperti hasil enkapsulasi yang beasal dari alat-alat tajam yang dimasukkan dalam botol lalu di beri tanah, sedikit semen, dan sedikit air kemudian dapat ditancapkan hiasan bunga di dalamnya lalu tunggu hingga semen dalam botol mengering. Kreatifitas dan inovasi terus dikembangkan agar mahasiswa mampu memberikan prestasi terbaiknya untuk Universitas, Fakultas maupun lingkungan sekitar.(desiska/mutiara)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *