IMG-20171008-WA0042

Perekrutan Anggota Baru, HIMAKSIDA Adakan Tes

Masa muda memang seharusnya diisi dengan berbagai macam kegiatan positif. Ya secara pemuda merupakan tulang punggung dari kemajuan bangsa ini.

Salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan adalah berperan aktif di sebuah organisasi. Lewat organisasi, kita bisa banyak belajar, dapat banyak pengalaman, dan tentunya menambah relasi juga.

Sekarang ini sangat banyak organisasi pemuda yang bisa kita ikuti. Beberapa contoh yang ada di Indonesia saat ini antara lain Youth ESN (Youth Educator Sharing Network) dalam bidang pendidikan, KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau di Indonesia) dalam bidang pelestarian lingkungan, YOT (Young On Top) yang tugasnya memotivasi para pemuda agar selalu bersemangat agar bisa mencapai sukses di usia muda, dan tidak jauh-jauh, HIMAKSIDA.

IMG-20171008-WA0044

Untuk bergabung di sebuah organisasi, kalian akan melalui beberapa step. Pertama, biasanya akan ada seleksi berupa berkas. Pengisian form pendaftaran yang berisi data diri secara umum, pertanyaan seputar hobi, keterampilan yang dimiliki, prestasi yang pernah diraih, pengalaman berorganisasi, alasan mengapa ingin bergabung dengan organisasi tersebut, dan lainnya.

Kemudian, biasanya ada juga organisasi yang tidak menggunakan form, tetapi meminta kandidat untuk mengirimkan CV (Curriculum Vitae) dan Portofolio. CV berisi data pribadi (nama, alamat, email, nomor handphone, dll), pendidikan, pengalaman kerja yang dimiliki, skill yang dimiliki, training yang pernah diikuti, prestasi, organisasi/kegiatan ekstrakurikuler/kegiatan kemasyarakatan yang pernah diikuti, dan sebagainya.

Sedangkan Portofolio merupakan kumpulan hasil karya yang pernah kalian kerjakan di masa lalu. Portofolio sangat penting bagi kalian yang memiliki bakat di bidang kreatif, misalnya desain grafis, desain web, jurnalistik, fotografi, dan lain lain.

Jika lolos, kalian akan dihubungi oleh organisasi tersebut untuk mengikuti Interview (Tes Wawancara) yang akan diadakan oleh mereka. Tetapi ada juga organisasi yang Open Recruitmen tanpa perlu Interview, tetapi hanya melalui seleksi berkas saja.

IMG-20171008-WA0043

Minggu (8/10) Hima Prodi Akuntansi UMSIDA mengadakan tes tulis dan tes wawancara untuk merekut kader baru dan yang nantinya terpilih akan mengikuti step lagi untuk menjadi anggota Hima yakni dengan mengikuti Latian Dasar Organisasi Mahasiswa. “Terima kasih untuk semua yang sudah berpartisipasi dalam acara ini semangat terus berorganisasi untuk memajukan HIMAKSIDA.” Pungkas Laras salah satu BPH HIMAKSIDA. (mutiara)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *