IMG-20171025-WA0028

Persiapan Ethical Symphony untuk Seminar BEM Psikologi

Paduan suara juga mencakup kelompok vokal (vocal group). Paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut. Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara (misalnya sopran, alto, tenor, dan bas), walaupun dapat dikatakan bahwa tidak ada batasan jumlah suara yang terdapat dalam paduan suara. Selain empat suara, jumlah jenis suara yang paling lazim dalam paduan suara adalah tiga, lima, enam, dan delapan. Bila menyanyi dengan satu suara, paduan suara tersebut diistilahkan menyanyi secara unisono.

Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan alat musik. Bernyanyi tanpa iringan alat musik biasanya disebut sebagai bernyanyi acappella. Bila bernyanyi dengan iringan, alat musik pengiring paduan suara dapat terdiri atas alat musik apa saja, satu, beberapa, atau bahkan suatu orkestra penuh.

Ethical Symphony adalah sebuah kegiatan yang berada dibawah naungan BEM Fakultas Psikologi. Kegiatan ini berpacu dibidang suara atau bisa disebut vocal grup dimana menyanyi dengan diiringi musik gitar. Kegiatan ini diikuti mulai dari mahasiswa semester satu hingga tujuh. Setiap satu minggu dua kali selalu diadakan latihan rutin guna mempersiapkan suara yang matang untuk disetiap kegiatan. Latihan rutin diadakan setiap hari rabu dan sabtu pukul 15.00 di sekertariatan BEM Psikologi. Anggota Ethical Symphonyberjumlah sekitar 16 orang.

Tujuan diadakan kegiatan ekstrakulikuler Ethical Symphony ini adalah untuk mengembangkan bakat-bakat mahasiswa fakultas psikologi dalam bidang suara. “Dengan melalui kegiatan ini bakat mahasiswa psikologi dapat tersalurkan”, tutur salah seorang anggota Ethical Symphony. Agenda Ethical Symphony terdekat adalah mengisi di acara Seminar yang diadakan oleh BEM Fakultas Psikologi pada hari minggu besok. (yulva/mutiara)

Posted in Uncategorized.