IMG-20171029-WA0023

Mahasiswa Psikologi UMSIDA Kembangkan Eksistensi dengan Meraih Juara Satu Psychofotography

Fakultas Psikologi mengharumkan nama UMSIDA di ajang olimpiade psikologi yang di selenggarakan oleh HIMPSI pada tanggal 27-28 oktober yang di gelar di yogyagkarta. Olimpiade yang diselenggarakan selama dua hari ini di hadiri oleh 19 PTN dari seluruh Indonesia. Ada sekitar 11 kategori yang diperlombakan dalam olimpiade tersebut.

Fakultas psikologi UMSIDA mendelegasikan tiga mahasiswa terbaiknya dalam ajang ini, dua orang untuk psychoposter dan satu orang untuk mengikuti lomba psychophotography. Mereka tidak tidak mengira bahwa mereka akan pulang dengan membawa sebuah kabar baik, sekaligus pencapaian besar dalam tingkat nasional. Kabar gembira itu datang dari salah satu kategori yang diikuti, yaitu psychophotography yang mengantarkan Ahmad Mas’udi Fitroh menjadi juara satu dalam olimpiade.

IMG-20171029-WA0022

Mas’udi tidak menyangka jika ia menjadi juara pertama, ia pun sempat pesimis ketika melihat jepretan dari peserta lain yang tak kalah bagusnya. Pemuda kelahiran 13 april yang saat ini sedang menempuh pendidikan psikologi semester 7 di UMSIDA tersebut mengatakan UI dan UGM merupakan lawan terberatnya selama ajang itu di gelar. Padatnya jadwal lomba yang di gelar di dua tempat tersebut membuatnya harus bekerja lebih keras, peserta psychophotography diharuskan datang tepat pukul 6 pagi di Universitas Mercubuana Yogyakarta sedangkan perlombaan sendiri berakhir tepat pukul 10.

Tema Harmony In Divercity menjadi tantangan dalam ajang ini, ia mengatakan jika sempat merubah konsep sebelum akhirnya ia memutuskan untuk memakai Unity in Harmony dalam konsep fotonya yang kedua. Berbekal dari keberagaman Indonesia Mas’udi mengatakan bahwa dengan keberagaman kita akan menjadi satu. Mungkin itu yang menjadi point utama karya fotografinya. Ia menganggap itu sebagai lomba yang biasa namun tetap memberikan yang terbaik pada waktu yang tepat agar tidak merasa terbebani dengan beratnya lomba yang ia ikuti. Pemuda yang mulai mengasah bakatnya di bidang fotografi sejak lulus SMA tersebut juga mengatakan bahwa keputusannya menampilkan sesuatu yang berbeda dalam karyanya tidak salah, dengan berbekal kemahiran memainkan teknik pengambilan gambar, kenaturalan sebuah objek foto serta nilai seni yang tinggi, Mas’udi tampil berbeda dari yang lain. Ia merasa itu adalah salah satu alasan kenapa saat penjurian, juri betah berlama- lama memandang fotonya dari pada peserta lain sehingga mengantarkannya menjadi juara satu. Ia juga menambahkan bahwa konsep saja tidak akan menjadi apa-apa dalam dunia photografi jika tidak diimbangi dengan teknik pengambilan gambar yang baik dan tetap mempertahankan nilai seni asli dari objek foto tersebut.

IMG-20171029-WA0025

Tanggal 28 oktober merupakan hari yang sakral bagi dirinya dan tentunya Fakultas Psikologi UMSIDA, ketika berhasil mengharumkan nama UMSIDA di hadapan universitas-universitas negeri lainnya. Berharap dengan adanya pecapaian ini akan lahir para juarawan juarawan psikologi universitas muhammadiyah sidoarjo yang lainnya di ajang nasional selanjutnya.

IMG-20171029-WA0024

Ia berterimakasih atas respon positif yang di berikan kepadanya melalui lomba ini, tanpa doa semua orang pencapaian ini tidak akan bisa dimiliki. Ia berpesan agar mahasiswa yang lain tidak takut dan malu untuk berkarya. Dengan karya tersebut mahasiswa akan bermanfaat bagi semua orang, terutamanya adalah bisa bermanfaat dan mengharumkan nama universitas. Untuk kedepannya, ia tidak akan berhenti berkarya dan membagi ilmunya kepada junior- juniornya. (lintang/mutiara)

Posted in Uncategorized.