psiko3

Masjid Cheng Hoo Antarkan Mahasiswa UMSIDA Juara 1 Psikofotografi

Tiga foto karya Ahmad Mas’udi Fitroh—mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) ini mengondol penghargaan sebagai Juara 1 dalam Olimpiade Psikologi yang diselenggarakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), di Yogyakarta, 27-28 Oktober 2017.

Dalam lomba yang Psychofotography bertema Harmony in Devercity, Mas’udi mengusung tema Unity ini Harmony. Inilah tiga foto karyanya yang membuat juri membutuhkan waktu lama untuk memandang dan menilainya.

Berikut penjelasan Mas’udi tentang ketiga foto yang mengambil obyek Masjid Muhammad Cheng Hoo, Pasuruan, Jawa Timur, kepada PWMU.CO, Kamis (2/11/2017).

Foto 1

psiko1

Di pintu masuk tampak jelas simbol kubah berwarna hijau tua menggambarkan budaya Islam dan lampion berwarna merah menyala yang menggambarkan budaya Tingkok. Berpadu menjadi satu kesatuan yang apik. Menjadikan suasana semakin harmonis dan tentram.

Foto 2

psiko2

Suasana yang tentram itu akan menambah kekhusukan orang yang sedang beribadah (membaca Al-Qur’an) di dalamnya meskipun simbol dari agamanya tidak tampak. Justru yang tampak adalah simbol dari keyakinan lainnya yang berupa lampion merah dan dinding berwarna kuning keemasan. Dia tidak terganggu dengan suasana sekitar bahkan tetap khusyuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya.

Foto 3

psiko3

Para remaja sedang asyik mengamati, menikmati, dan mengabadikan diri (ber-selfie). Tampak bahwa perpaduan antara budaya berbeda tidak lantas menjadikan kondisi menjadi kacau. Namun jika budaya yang berbeda itu saling dipahami dan saling menghormati tanpa pemaksaan maka suasana menjadi harmonis. (Dian)

Posted in Uncategorized.