zakatupl

Ramadhan akan berakhir, Syawal akan tiba. Sudahkah kita membayar zakat? Allah tegaskan dalam Alquran yang artinya, “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al Baqarah 43)

Membayar zakat karena keimanan akan memperoleh kebaikan yang banyak Seorang yang. Allah SWT berfirman : “Pungutlah zakat dari sebagian kekayaan mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS : At-Taubah : 103).

Bagi yang belum memahami makna zakat, mari kita simak definisi berikut. Zakat secara bahasa berarti : tumbuh, berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan (QS. At-Taubah : 10). Sedangkan menurut terminologi syari’ah,zakat berarti kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dalam waktu tertentu.

Menjelang hari raya idul Fitri, umat islam wajib mengeluarkan zakat fitrah, yaitu 2,5 kg bahan makanan pokok sesuai kondisi negara. Menurut Kasi AIK UMSIDA Puspita Handayani, M.Pd.I, di Indonesia ini, makanan pokok adalah nasi, maka zakat fitrah disesuaikan dengan bahan dasar nasi yaitu beras sebanyak 2,5 kg, atau dapat dirupakan uang seharga beras yang kita makan sehari-hari, syukur-syukur dilebihi sedikit,” katanya. Selain zakat fitrah, umat islam wajib mengeluarkan zakat maal, dikeluarkan apabila telah memenuhi nisobnya (QS. 9:103 dan QS. 30:39). (dian)

Selamat berzakat… Mari sucikan hati di hari yang fitri…