• Alumni
  • Alumni

Optimalkan Perkembangan Teknologi dan Informasi KKN-P Umsida Bantu Wujudkan Website Desa Kemirisewu

Umsida.Ac.id- Sebagai salah satu wujud pentransferan ilmu pengetahuan, KKN-P Desa Kemirisewu sukses wujudkan website Desa Kemirisewu sebagai salah satu program pendukungnya pada (12/02). Hal tersebut ditujukan agar Desa semakin maju dengan adanya website sebagai bentuk pengoptimalan teknologi dan informasi Desa serta mempermudah warga.

“Banyak masyarakat sekarang kalau ingin tau misalnya tentang syarat-syarat pembuatan KTP, KK, akta kelahiran, SKCK, dan lainnya itu datang ke tempatnya langsung untuk memperoleh informasi tersebut. Dengan terbentuknya website desa ini diharapkan masyarakat bisa memperoleh informasi terkait alur pelayanan, informasi umum dan informasi lainnya melalui website desa tersebut,” ujar anggota KKN-P Kemirisewu yang terlibat langsung dalam pemanduan pembuatan website, Fandy Rachmatulloh.

Website Desa kurang lebih dibuat selama dua minggu dengan isi web yang meliputi beranda, informasi umum, UMKM, alur pelayanan, dan kontak. Beranda meliputi gambaran umum desa seperti visi misi, dan tentunya sejarah mengenai Desa Kemirisewu. Informasi umum desa memuat tentang aspek desa, informasi PBB desa, daftar nama ketua RT dan RW, struktur perangkat desa, serta daftar pengurus Bumdes. UMKM dibuat untuk memuat data pengerajin tusuk sate di Desa Kemirisewu. Dan Alur pelayanan dibuat untuk petunjuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), pembuatan Kartu Keluarga (KK), pembuatan akta kelahiran, dan pembuatan SKCK. Sedangkan kontak dibuat dalam bentuk form agar warga dapat melakukan pengaduan secara online.

“Harapan saya dengan adanya website ini masyarakat dan perangkat desa bisa memanfaatkan website tersebut dengan sebaik mungkin biar kedepannya bisa bermanfaat untuk kemajuan Desa Kemirisewu,” pungkas Fandy.

Reporter: Dinda Diansah Fatmawati

Editor: Lintang Dyah Puspita 0

Leave a Reply