Penulis : umsidaj4y4 June 4, 2018 / Berita

Program kemitraan masyarakat (PKM) dengan tema perilaku sehat dan pengelolaan lingkungan hijau di sekolah yang dilakukan oleh dua dosen fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Lely Ika Mariyati MPsi Psikolog dan Widyastuti MPsi Psikolog serta guru besar UMSIDA Prof Dr Ir Andriani Eko Prihatiningrum MS berjalan penuh kehangatan. Pelatihan yang dimulai pada 30-31/5/18 menjadi kesan tersendiri bagi peserta.

Sejak pertama kegiatan dimulai dengan pemberian materi bumi, air dan manusia, perilaku manusia dan perubahan perilaku, lingkungan bersih dan hijau serta strategi penghijauan dan pengelolaan sampah di lingkungan sekolah peserta nampak antusias untuk menyimak. Tidak hanya itu pada sesi selanjutnya diskusi semakin menarik ketika perwakilan masing masing guru dari SMPN 1, dan SMP Muhammadiyah 5 Tulangan saling bertukar fikiran untuk mengatasi permasalahan kebersihan dan lingkungan disekolah masing- masing.  Pelatihan yang dibuat sebagai langkah awal dalam program mengenai perilaku sehat serta lingkungan hijau didalam sekolah ini digagas untuk mengatasi permasalahan yang terjadi disekolah- sekolah mengenai pengelolaan lingkungan dari sampah, lingkungan hijau dan perilaku sumber daya manusia didalamnya.

“Terimakasih karena melibatkan kami semua, jadi bisa menambah pengetahuan kita tentang bagaimana mengelola lingkungan, karena sebenarnya masalah sampah ini dianggap sebagai masalah yang sepele dan siswa saya sendiri disekolah juga sulit sekali dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya padahal didepan kelas pun telah disediakan tempat. Setelah ada program ini mudah- mudahan nanti kami bisa menerapkanya meskipun masih banyak sekali hambatan- hambatan yang akan terjadi. Untuk itu kami memohon bimbinganya secara intensif,” ungkap salah satu perwakilan guru dari SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Ica Nur Indasari SPd pada sesi terakhir pelatihan yang telah berjalan selama dua hari setelah sesi penyerahan penghargaan bagi peserta oleh ketua PKM serta guru besar UMSIDA, dimana mereka merupakan peserta teraktif selama kegiatan berlangsung

Menanggapi hal tersebut, ketiga dosen Universitas Muhammadiyah tersebut menyetujui karena memang pendampingan berlanjut dan membantu memenuhi beberapa sarana yang dibutuhkan sekolah untuk mewujudkan program tersebut telah menjadi agenda tersendiri oleh para pengusul PKM. (Lintang)

Related Post