Penulis : umsidaj4y4 June 8, 2018 / Berita

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Tidak hanya keberkahan, namun ada banyak kegembiraan yang bisa diraih oleh tiap-tiap individu untuk saling berlomba-lomba berbuat dan berbagi kepada sesama. Seperti halnya Ramadhan Berbagi di panti yang dikemas dalam kegiatan buka bersama, menggambar bersama, mendongeng dan membuat kerajinan.

Kegiatan yang digagas oleh Komunitas Literasi Taman Diksi bersama Lazismu Umsida ini mengusung tema Ngabuburit Bareng dan Bermain, Komunitas Taman Diksi merupakan komunitas literasi Sidorjo terdiri dari  kawula muda yang tela dibentuk pada tahun 2017.

“Komunitas Taman Diksi dalam Ramadhan tahun ini ingin berbagi dengan anak anak panti Asuhan Hidayatul Ummah, di desa Kebonsari RT 03 RW 01 Candi Sidoarjo. Dengan kegiatan ini mengajak peserta untuk mengasah ketrampilan untuk bisa menjadi skill baru bagi mereka, sehingga dapat menstimulus tiap anak panti untuk menjadi pribadi yang memiliki ketrampilan yang bermanfaat,” jelas Ketua Taman Diksi Adni Firdausi.

Yusron, penanggung jawab kegiatan ini menambahkan, “Berbagi di panti asuhan Ramadhan kali ini, teman-teman komunitas Taman Diksi, memberikan ketrampilan membuat bantal hias, menggambar dan motivasi mencintai buku yang dikemas dalam kegiatan mendongeng, kita berharap bisa membangun ketrampilan untuk dapat dijadikan bekal di kehidupan mendatang, menjadi pribadi mandiri,” Imbuhnya.

Kegiatan yang dimulai dengan sholat Ashar berjama’ah ini berjalan dengan penuh keceriaan, setelah pembukaan dan acara mendongeng, adik adik panti dibagi ke dalam beberapa  kelompok. Anak–anak yang menempuh pendidikan SMP dan SMA di arahkan ke arah teras belakang untuk memulai kegiatan menggambar dengan didampingi oleh komunitas Sidoarjo Doodle Art. Untuk adik adik yang masih duduk di bangku SD di arahkan untuk di Aula Panti Asuhan bersama Komunitas Literasi Langka untuk memulai membuat kerajinan bantal dari kain flanel yang diisi dengan Dakron.

Kegiatan ini dakhiri dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah, serta dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada adik adik panti asuhan.  (Yekti/Rizky)

Berikut ini adalah dokumentasi aktivitas gabungan Lazismu Umsida dan Komunitas Literasi Taman Diksi mereka saat di Panti Asuhan.

Related Post