Penulis : umsidaj4y4 May 29, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Universitas Muhhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan workshop pendampingan pengajuan akreditasi jurnal. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 24-26 Mei 2019 di Hotel ibis styles Surabaya ini digelar dalam ini rangka meningkatkan jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Diikuti oleh 61 Jurnal dari 47 Universitas di Indonesia acara tersebut berlangsung hangat dan meriah.

Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahun pada era saat ini, menjadikan sebuah keharusan bagi peneliti atau dosen, untuk mempublikasikan karya tulis atau hasil penelitian dalam sebuah jurnal, sehingga dapat diakses khalayak banyak dan memberikan sumbangan keilmuan bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Hal itu disampaikan  Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Bapak Dr Hidayatulloh  MSi saat membuka acara workshop.

“Dengan adanya percepatan akreditasi jurnal di lingkungan kemenristekdikti ini dapat menjadi satu langkah strategis untuk menigkatkan kualitas jurnal, sehingga jurnal-jurnal di Indonesia dapat diakui secara international,” tutur Pak Dayat sapaan akrabnya.

Sedangkan Kasubid Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemenristek Dikti Dr Lukman MHum memberikan pesan khusus bagi seluruh pengelola jurnal yang mengikuti workshop ini,  untuk selalu memelihara semangatnya dalam mengelola jurnal, karena mengelola jurnal membutuhkan effort dan fokus khusus. “Kekawatiran yang selama ini menjadi hambatan mengenai akreditasi jurnal sudah bukan menjadi alasan, karena point dari akreditasi jurnal ini sebagai peningkatan kualitas jurnal ilmiah di Indonesia agar nantinya jurnal yang ada di Indoensia dapat menajadi rujukan primer bagi penulis dan peneliti baik di Indonesia maupun Negara lain,” pungkasnya.

Workshop ini juga merupakan langkah percepatan untuk akreditasi jurnal ilmiah dilingkungan Kemenristek Dikti. Oleh karena itu  dengan adanya percepatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas jurnal ilmiah khususnya jurnal di Umsida yaitu Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School dari prodi PGMI, JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan) dari prodi manajemen, dan JEEE-U (Journal of Electrical and Electronic Engineering) Prodi Teknik Elektro. (Bahak/Arifin)

Related Post