Dag Dig Dug Sidang Mini Skripsi

Penulis : umsidaj4y4 October 16, 2017 / Berita

Detik-detik menjelang sidang laporan hasil studi ekskursi adalah saat-saat paling mendebarkan bagi kebanyakan mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang stres karena terlalu khawatir memikirkannya. Namun begitu, sidang studi ekskursi  pasti dilalui dan tidak bisa ditolak. Karena ini sudah menjadi bagian dari tugas akademik yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya. Jadi Anda sebagai mahasiswa Akuntansi FEB akan tetap melakukannya.

Made with Square InstaPic

20171007_120125(0)Masalah umum yang sering dialami oleh kebanyakan mahasiswa saat sidang studi ekskursi adalah saat presentasi laporan hasil studi ekskursi dan saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan penguji. Inilah dua hal utama yang sering jadi momok yang ditakuti kebanyakan mahasiswa. Sebenarnya ini tidak perlu terjadi, jika saja para mahasiswa mampu melakukan persiapan dengan baik dan menguasai teknik presentasi skripsi dengan baik.

Karena alasan itulah dalam artikel ini akan berbagi tips bagaimana menampilkan presentasi sidang laporan hasil studi ekskursi  dengan baik dan benar sekaligus meyakinan. Tips ini dikhususkan untuk teman-teman mahasiswa, jika anda bukanlah mahasiswa semoga bisa menjadi tambahan pengalaman baru untuk anda. Tips ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap membawakan dan tahap tanya jawab.

Tahap Persiapan

  1. Kuasailah materi studi ekskursi dengan baik
  2. Siapkan mental
  3. Kenali siapa dosen penguji Anda
  4. Susunlah slide presentasi studi ekskursi dengan baik
  5. Lakukan latihan presentasi studi ekskursi dengan baik

Tahap Membawakan

  1. Membuka presentasi
  2. Menjelaskan isi presentasi
  3. Menutup Presentasi

Tahap Tanya Jawab

  1. Jadilah pendengar yang aktif
  2. Ambil jeda
  3. Berikanlah jawaban dengan penuh keyakinan

20171007_214815

20171007_214743

Sabtu, (7/10) prodi Akuntansi FEB sidang laporan hasil studi ekskursi. Banyak sekali mahasiswa yang mengantri menunggu giliran sidang. Wajah mereka yang akan sidang laporan hasil studi ekskursi terlihat tegang dan panik. Tapi seiring berjalannya waktu presentasi dihadapan dosen dirasa cepat sekali. “Rasanya seperti sebentar waktu presentasi di hadapan dewan penguji meskipun awalnya dag dig dug, prosesnya lancar tinggal membetulkan revisi dari laporan tersebut.” Pungkas Yusuf mahasiswa Akuntansi semester 5. (mutiara/ni’ma)

Made with Square InstaPic

Related Post

Type your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *