Penulis : umsidaj4y4 April 8, 2019 / Berita

Dari kiri : Alfun, Vita, Nahira, Soraya dan Auli setelah menerima piala

Di Panggung Aspirasi Seni Budaya Tingkat Nasional yang digelar di Universitas Muhammadiyah  Surabaya (UMS) pada Minggu (07/04/19), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil menjadi juara di 2 kategori lomba sekaligus.

Umsida mengirimkan 7 mahasiswi Program studi PG PAUD untuk turut serta di acara yang diselenggarakan oleh Hima PG PAUD UMS ini. 5 mahasiswi ikut di lomba Tari dan 2 mahasiswa di lomba Alat Permainan Edukatif (APE). Mereka semua pun pulang dengan membawa piala juara 2 lomba Tari dan Juara 3 Lomba APE.

“Kami menciptakan tari kreasi yang bernama “Tari Dolanan Anak” khusus untuk anak usia dini, agar bisa mengenal budaya tradisional.” Ujar Vita,  salah satu anggota lomba tari.

Ke lima mahasiswi ini dibina oleh Budi Alfan dan Sugianto dari sanggar tari Kreasi Dancer Sidoarjo (KDS) untuk bisa menari dengan tingkah dan ekspresi yang mirip karakter anak usia dini, sehingga mereka mampu memperoleh nilai tertinggi dari juri setelah UAD Jogjakarta.

Sedangkan di kategori lomba APE, Umsida menjadi juara 3 berkat “Container Pintar”.  APE khusus untuk anak usia Taman Kanak-kanak (TK) ini diciptakan mahasiswi PG PAUD semester 2, Raya Nabela Sari dan Siskatri Rahayu.

siskatri dan Raya (Tengah) setelah menerima piala juara 3

“Container yang berbentuk kereta ini terdiri dari 6 permainan segaligus yang dapat melatih fungsi kognitif, bahasa, motorik halus anak.” Tutur Raya, pangilan Raya Nabela Sari. “Selain itu, APE ini juga bisa digunakan anak untuk mulai belajar agama islam dengan mengenal rukun iman, rukun islam dan huruf hijaiyah.” Imbuhnya. (Hesty)

Related Post