Penulis : umsidaj4y4 May 10, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – Dr Akhtim Wahyuni MAg harus meninggalkan tugas sebagai Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) sementara waktu mulai tanggal 7 Juni hingga 23 Juli 2019 mendatang.

Ia terpilih untuk mengikuti program beasiswa Study of the U.S. Institute for scholar (SUSI) tentang budaya dan nilai Amerika (American Culture and Values) di beberapa kampus di Amerika yang diumumkan melalui akun media sosial Konsulat Jendral USA (8/5/2019).

“Amerika sebagai negara maju dan perguruan tingginya merupakan rujukan perguruan tinggi di dunia, baik dalam manajemennya maupun akademiknya,” tutur Dekan FPIP yang baru dilantik 1 April lalu.

Menurut Akhtim, Amerika kaya akan budaya dan nilai-nilai yang bisa menjadi inspirasi bagi negara berkembang untuk bisa maju, “Saya ingin memperkaya wawasan tentang pengembangan nilai dan budaya yang positif di Amerika untuk dapat disemaikan di Umsida, Persyarikatan, maupun lembaga lainnya,” paparnya.

“Iklim belajar di Perguruan tinggi di USA juga bisa dipelajari dan diadopsi, sesuai dengan kondisi di Umsida,” tandasnya.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pantas bangga lantaran Bu Akhtim, sapaan akrabnya, terpilih sebagai salah satu dari delapan belas peserta dari delapan belas negara.

“Sebanyak delapan belas peserta dari delapan belas negara yang berhasil terpilih mengikuti program SUSI Scholarship di New York ini,” katanya kepada umsida.ac.id melalui wawancara online.

“Mereka akan belajar tentang nilai dan budaya Amerika dengan didanai oleh Department of State USA,” imbuhnya.

Tak hanya di New York, selama kurang lebih enam pekan, Bu Akhtim akan mengunjungi beberapa negara bagian di Amerika Serikat, “Studi ini berlangsung di New York University, Boston University, St. Mexico, dan Washington,” tegasnya.

Ini bukan pertama kalinya ia terpilih dalam kegiatan serupa di negeri orang. Dua taun silam, Wakil Rektor 1 periode 2015-2019 ini juga terpilih mendapatkan beasiswa kuliah pendek tentang “Community Development” selama tiga bulan di St. Francis Xavier University di Antigonish Nova Scotia, Kanada. (dian)

Related Post