Penulis : umsidaj4y4 May 14, 2019 / Berita

DR. Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd, (empat dari kanan) di dampingi rektor UMSIDA Dr. Hidayatulloh, M.Si (5 dari kanan) setelah menjalani Ujian Terbuka pada hari Selasa (14/5/2019) di gedung CPD, Unesa

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menambah jajaran dosennya yang bergelar Doktor. Nurdyansyah, S.Pd., M. Pd. yang menjabat sebagai Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMSIDA, pada hari Selasa (15/05/19) menjalani Ujian Terbuka studi S3-nya untuk meraih gelar Doktor di bidangTeknologi Pendidikan.

Sidang yang berlangsung mulai pukul 10.30 hingga 12.30 di Gedung Continuing Program Development (CPD), Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu menguji disertasi Dr. Nurdyansyah yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Integrasi Nilai Islam dan Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Ilmiah Peserta Didik Kelas V MINU Pucang Sidoarjo.”

Dr. Nurdyansyah mengembangkan sebuah teori keilmuan baru yang dalam ujian tersebut oleh para penguji diakui sebagai temuan baru yakni Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Integrasi Nilai Islam dan Sains (PBM PIIS). Dalam forum ujian terbukanya Dr. Nurdyansyah didapuk sebagai pakar dalam PBM PIIS yang juga menjadi kekhasan temuan keilmuan yang melekat pada dirinya.

Melalui keilmuan tersebut, Nurdyansyah berharap untuk mewujudkan keilmuan yang komprehensif antara ilmu dan Islam bagi pelajar dan juga mahasiswa. “Mencetak pelajar dengan keilmuan yang terintegrasi dengan nilai nilai Islam. Saya harap ini bisa diterapkan di dunia pendidikan sehingga menjadikan pelajar tidak hanya pintar secara logika atau keilmuan saat ini tapi juga bernilai agama. Pelajar menjadi pakar dalam keilmuan namun juga tawadlu pada guru atau dosen,” kata pak Nur, panggilan akrab Nurdyansyah. Temuan Ini pun menunjang visi dan misi pendidikan Muhammadiyah, lebih khusus pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh, M.Si. dan jajarannya turut hadir untuk memberikan dukungan kepada pak Nur. “Atas nama pimpinan UMSIDA kami menyampaikan selamat kepada Sdr. Dr. Nurdiansyah, M.Pd. atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi Program Doktor Bidang Teknologi Pendidikan yang lulus tepat waktu,” kata pak Hidayatulloh setelah berakhirnya ujian terbuka pak Nurdyansyah.

“Keberhasilan pak Nur ini menginspirasi bagi dosen lain yang sedang studi program doktor di berbagai perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri. Dengan semakin banyaknya dosen UMSIDA yang bergelar Doktor, maka akan memperkuat bangunan SDM yang mampu mengantarkan UMSIDA menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Inovatif dalam Pengembangan IPTEKS untuk kesejahteraan masyarakat,” kata pak Hidayatulloh menambahkan.

Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M.Pd. adalah dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Umsida. Lahir di Kediri pada tanggal 12 Maret 1985. Menjalani studi S3 di Unesa sejak tahun 2015 dengan Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd. sebagai Promotor dan Dr. Bachtiar S. Bachri sebagai ko-Promotornya. Disertasinya terinspirasi dari pola pendidikan di UMSIDA yang mengintegrasikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) ke dalam mata kuliah yang diajarkan.(Hesty/Adji)

Related Post