Penulis : umsidaj4y4 November 5, 2018 / Berita

Wahyu Widya Pratama dan Ajeng Listyo Dewi berhasil menjadi juara tiga LKTI tingkat Nasional. Kedua mahasiswa Prodi Manajemen FEB Umsida ini awalnya hanya iseng mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember. Namun begitu dinyatakan lolos, mereka mulai serius mengerjakan karyanya.
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini mengusung tema Inovasi dan Kreativitas Generasi Muda untuk Indonesia Maju 2045. Kedua mahasiswa semester 3 ini membuat karya berjudul Si Ketan (Sistem Informasi perKEbunan dan perTANian) untuk Indonesia Maju 2045.
“Gagasan ini muncul didasarkan pada kendala pada pertanian saat ini yang harga jual di produsen jauh lebih rendah daripada harga beli konsumen diakibatkan dari sistem orang tengkulak yang memperpanjang rentetan rantai distribusi,” Wahyu menjelaskan.
Dibimbing oleh Bayu Hari Prasojo, Ssi MPd, dosen walinya, mereka bersemangat mengikuti lomba yang dilaksanakan mulai 8 September – 4 Nopember 2018. Meski sibuk bekerja dan kuliah, tetapi mereka berupaya sebaik mungkin: mengerjakannya di sela-sela jam kerja saat pekerjaannya sudah longgar, bahkan sampai begadang untuk menyelesaikan karyanya.
“Jadi tahap seleksinya itu ada seleksi abstrak, seleksi full paper, presentasi di depan juri, pengumuman juara. Yang lolos full paper ada enam tim dan kita dapet juara tiga,” ujar Ajeng menceritakan sistematika lomba.
Baik Ajeng maupun Wahyu tidak menyangka akan juara dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Saat ini, mereka sedang menikmati fasilitas trip yang disediakan oleh panitia. Mereka berwisata ke pantai Papuma, Masjid Rin, dan pusat oleh-oleh di Jember. (Inka)

Related Post