Penulis : umsidaj4y4 March 31, 2019 / Berita

UMSIDA.AC.ID –  Menghadapi era revolusi industri 4.0, Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Umsida merespon dengan mengubah kurikulum perkuliahan. Hal tersebut disepakati dalam acara lokakarya kurikulum pada kamis, 28 Maret 2019 di gedung E lantai 4 ruang 404 FBHIS Umsida

Keseriusan ini terlihat ketika Fakultas FBHIS Umsida mengundang Dr Ahim Abdurahim, M Si SAS Ak CA selaku tenaga ahli dari Kaprodi Akuntansi FEB UM, Drs. Totok Hariono, Ak CA CPA selaku pengguna lulusan sekaligus partner dari KAP DRS Thomas, Blasius, Widartoyo dan Rekan, serta Kurniawan SE dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo.

Pengguna tersebut diundang dengan tujuan learning outcome Prodi Akuntansi yaitu Akuntan Publik dan Akuntan Sektor Publik. Dalam kegiatan lokakarya kurikulum tersebut disepakati adanya penambahan dan perubahan beberapa matakuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan khususnya sektor publik dan akuntan publik yang berorientasi ke masa depan.

Selain itu FBHIS juga mengundang 2 Alumni yang bekerja di KAP dan di sektor pemerintahan, serta 4 mahasiswa yang terlibat langsung dalam lokakarya tersebut. Masukan-masukan yang diberikan baik pengguna maupun alumni sangat relevan dengan perubahan kurikulum dan learning outcome yang disepakati. Hampir 90% matakuliah prodi akuntansi adalah matakuliah yang baru mengikuti perkembangan pasar dan disesuaikan dengan learning outcome yang dituju.

“Memang Berat, namun untuk kemajuan institusi dan kesejahteraan bersama perubahan ini harus dilakukan mengingat industri 4.0 semakin berkembang. Dosen khususnya prodi akuntansi tidak boleh berada di zona nyaman, tidak hanya megajar saja tapi harus mempunyai kompetensi dan keahlian di bidang masing-masing agar teori yang diajarkan ke mahasiswa sejalan dengan prakteknya di lapangan,” ujar Dr Ahim Abdurahim M Si SAS Ak CA. (Sar/Lintang)

Related Post