Forum Dosen UMSIDA: Enlightenment Design in Education: An Update from Canada

Penulis : umsidaj4y4 April 1, 2017 / Berita

Kedatangan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Akhtim Wahyuni kembali ke kampus UMSIDA setelah satu bulan menimba ilmu di Coady International Institute St. Francis Xavier University Canada membawa oleh-oleh yang sangat berharga untuk para dosen. Akthim membagikan ilmu yang ia dapatkan tentang bagaimana melakukan proses pembelajaran untuk orang dewasa, dalam hal ini mahasiswa, agar tidak jenuh di dalam kelas dan ilmu dapat terserap dengan maksimal. “Buat peserta didik benar-benar menjadi orang dewasa dengan menggunakann Adult Learning Approach,” ungkap Akhtim saat menjadi pembicara pada Forum Diskusi Dosen (FORDID) ke-5 kemarin.

fordid

Selama ini, kecenderungan pembelajaran orang dewasa di Indonesia dilakukan dengan metode ceramah, namun tidak seperti yang dialami beliau selama di Canada. Pembelajaran disana sangat bervariasi diantaranya dengan kerja kelompok, penguatan, refleksi, jurnal, presentasi, tugas tertulis, lembar kerja simpulan, kuliah tamu dan banyak lagi. Semua menggunakan cara kreatif, dengan berbagai media dan sumber belajar selain power point.

Para dosen bersemangat menanti pelatihan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, banyak dosen terutama lulusan non kependidikan yang ingin mempelajari cara mengajar kreatif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Mereka semua berharap bahwa pelatihan-pelatihan nantinya akan membantu mahasiswa untuk menyerap lebih banyak ilmu yang diberikan oleh dosen dan membekas di hati dan pikiran mereka sehingga mudah untuk menyalurkannya kembali ke masyarakat luas. (dian)

 

Related Post

Type your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *