Penulis : umsidaj4y4 February 26, 2019 / Berita

Kuliah kerja nyata pencerahan Umsida menawarkan semangat baru dalam dunia literasi di desa, mengingat pentingnya budaya literasi bagi generasi millenial saat ini. Menjelang akhir masa KKN-P 2019 mahasiswa Umsida berhasil membuka dan mengaktifkan kembali perpustakaan desa yang terbengkalai di desa Kembangbelor Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

KKN-P Kembangbelor memiliki program unggulan yaitu menghidupkan kembali perpustakaan yang lama tidak aktif. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan melanjutkan dan merombak ulang susunan perpustakaan yang sebelumnya memang sudah ada namun tidak digunakan sebagai mestinya serta sepinya minat anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Kegiatan yang mereka lakukan melingkupi penataan buku, memasukkan beberapa buku yang belum dikoding untuk dikoding,  mengecat rak buku, tentunya dengan menambah ide-ide baru dan segar tentang properti tambahan apa yang harus  di isi dalam perpustakaan tersebut.

Meningkatkan budaya literasi untuk anak tidak lah mudah, maka kelompok KKN yang ditempatkan di Desa Kembangbelor ini membuat beberapa poster yang menarik, sehingga menumbuhkan semangat  membaca dan mengunjungi perpustakaan. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya minat membaca anak di perpustakaan desa tersebut adalah kurangnya materi berupa buku-buku untuk anak yang menarik sebagai bacaan. Untuk itulah mereka menambah buku-buku baru sebagai koleksi bacaan anak-anak yang menarik, serta menghias perpustakaan untuk semakin menarik minat anak-anak maupun warga untuk membaca.

Proses penghiasan sengaja melibatkan murid-murid SDN Paras khususnya kelas 4, dengan tujuan agar anak-anak mencintai perpustakaan dan buku bacaan mereka. Melalui kegiatan itulah anak-anak dapat berkreasi dan berpartisipasi di dalamnya. Mereka membuat origami , mewarnai botol botol plastik yang sudah dibentuk bunga , mengecat pot-pot bunga yang siap menjadi media tanam, serta membantu mengonsep bagaimana projek kedepan setelah perpustakaan di lumbung kaweruh desa Kembangbelor ini jadi. Hingga tiba saatnya perpustakaan di Lumbung Kaweruh ini di resmikan pada 9/2/2019.

“Kami senang dengan besarnya antusias anak-anak dan warga terkait perpustakaan desa. Saat ini banyak referensi buku anak-anak yang semakin menggugah minat mereka untuk berkunjung dan membaca buku di perpustakaan ini, serta kami bangga orang tua mereka mengizinkan untuk mengunjungi perpustakaan ini,” terang Sinta selaku anggota KKN Desa Kembangbelor. (Lintang)

Related Post