Hadapi Persaingan di Era Revolusi 4.0, Mahasiswa PGSD Umsida Belajar HOTS

Penulis : umsidaj4y4 May 6, 2019 / Berita

Himpunan mahasiswa (HIMA) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sukses menggelar seminar yang bertema “Menyiapkan Pembelajaran HOTS untuk Menghadapi Persaingan di Era Revolusi 4.0”, pada Minggu (05/05/19) di Aula Mas Mansyur Gedung E Umsida.

Seminar ini bertujuan untuk menjawab penyempurnaan kurikulum 2013 pada standar isi dan penilaian. Pada standar isi dirancang agar peserta didik mampu berpikir kritis dan analitis. Sedangkan pada standar penilaian, penilaian hasil belajar lebih menitikberatkan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hal itu disampaikan Tri Linggo Wati, M.Pd Kaprodi PGSD pada sambutannya saat membuka acara.

Dr Endang Poerwati M.Pd dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), diundang sebagai narasumber dalam seminar ini. Bu Endang, sapaan akrab Endang Poerwati menjelaskan materi tentang rambu-rambu soal HOTS. “Ada empat rambu HOTS yang harus diperhatikan,” Katanya.

Pertama, bersifat divergen, memungkinkan munculnya beberapa alternatif respon atau jawaban. Kedua, tidak hanya mengukur kompetensi pengetahuan, tetapi juga keterampilan proses dan sikap. Ketiga, sistem soal menggunakan stimulus berupa konteks kehidupan nyata atau fenomena yang dekat dengan kehidupan siswa. Keempat tidak hanya mengukur pengetahuan tentang IPA tetapi juga mengukur sikap dan bagaimana menggunakan pengetahuan tersebut dalam kehidupan nyata.

Dihadiri mahasiswa Umsida dan juga mahasiswa dari luar serta para guru, seminar ini terasa meriah ketika di tengah penyampaian materi, narasumber bersama peserta seminar menyanyikan lagu yang berjudul “Bangga jadi Guru”.

“Semoga dengan adanya seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan HOTS di pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Menghadapi Persaingan di Era Revolusi 4.0.” tutur bu Endang saat menutup seminar.(fitri)

Related Post