Ini Manfaat Investasi Sukuk

Penulis : umsidaj4y4 April 26, 2019 / Berita

Bukan hanya bank yang terbagi menjadi bank konvensional dan syariah, tetapi investasi pun ada yang berbasis syariah. Efek syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi, atas aset yang mendasarinya disebut sukuk.

“Sukuk sama halnya dengan obligasi, produk investasi di pasar modal. Namun berbeda dengan obligasi, sukuk merupakan produk investasi berbasis syariah. Sukuk bukanlah surat utang, melainkan surat berharga syariah berupa sertifikat atau bukti kepemilikan atas aset,” ungkap Ernawati, Kepala Seksi Analis Pasar SBSN DJPPR.

Erna memaparkan, “Sukuk mempunyai banyak manfaat, yaitu memperluas alternatif sumber pembiayaan APBN, membiayai pembangunan proyek infrastruktur, mendorong pertumbuhan dan pengembangan pasar keuangan syariah di Indonesia.”

SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) untuk investor individu WNI, yaitu sukuk tabungan negara dan sukuk ritel. Yang mana, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Ada lima sebab anak muda belum mulai berinvestasi: modal besar, ada banyak biaya tambahan, pasti rugi – uang hilang, risiko tinggi, dan uang dikunci dan tidak bisa diambil,” ujar Ernawati. (inka)

Related Post