Internasionalisasi Mahasiswa Umsida Melalui program internasional Credit Transfer

Penulis : umsidaj4y4 July 15, 2019 / kegiatan

<strong>UMSIDA.AC.ID</strong> – Dalam rangka peningkatan internasionalisasi mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memfasilitasi mahasiswa untuk program  credit transfer ke Malaysia. Pada maret – Juni 2019 Umsida melaksanakan program student exchange ke Universiti Utara malaysia. Salah satu mahasiswa yang mengikuti program ini, Titan Nur Maulidiyah mengungkapkan pengalamannya mengikuti program ini. “saya merasa sangat beruntung mengikuti program student exchange ini, walau hanya empat bulan saja,” ujarnya saat diwawancara Umsida Press. Selain Indonesia, program Student exchange ke Universiti Utara malaysia ini diikuti oleh beberapa negara, seperti Jepang, Venezuela, India, Bangladesh, dan Somalia.

Mahasiswi Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) ini menjelaskan jika pengalaman yang didapat tidak hanya seputar peningkatan kualitas akademuik saja. Dari segi sosial dan budaya dia sangat beruntung bisa berkenalan dengan mahasiswa dari berbagai negara. Kendala awal yang dirasakan mahasiswi program studi ilmu komonikasi ini adalah Bahasa. Karena sebagian besar peserta menggunakan Bahasa Inggris,Titan merasa sedikit kewalahan. Hal tersebut berhasil diatasi dengan memotivasi diri untuk belajar lebih giat lagi. “Saya berlatih komunikasi dengan beberapa teman, salah satunya Muhammad absyir di kelas English proficiency,apabila ada yang dipahami, saya tidak segan untuk meminta tolong mengulang apa yang ia katakan,” jelasnya. Menurutnya, kegiatan tersebut cukup membantu dalam mengasah kemampuan bahasa inggris. “Bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang susah apabila kita menggunakan dan mempraktekkannya,” ujarnya.

Tak terkecuali dengan mahasiswa lain yang datang dari berbagai negara dan memiliki logat bahasa Inggris berbeda. Perbedaan kultural setiap peserta membuat sesi diskusi juga semakin menarik. Melalui kemampuan berbicara dan berdiskusi, ia mendapatkan banyak pengalaman. Menghargai atau respect to others menjadi hal utama yang harus di junjung, karena terdapat berbagai macam ras,agama, dan kehidupan social yang berbeda .

Program credit transfer atau student exchange ini adalah peluang besar bagi mahasiswa untuk mengeksplor dunia, membuka pandangan dari berbagai sisi, meningkatkan integritas serta intelektualitas yang membuat kita keluar dari zona nyaman dan yang paling penting memperluas pertemanan dengan berbagai orang dari berbagai negara.

Related Post