• Alumni
  • Alumni

Mobil Listrik Jayandaru EV milik Umsida Siap Bersaing di Sirkuit Mandalika Oktober 2022!

ajax loader

Umsida.ac.id – IMEI Team Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali melahirkan inovasi mobil listriknya yang bernama Jayandaru Electrical Vehicle. Mobil listrik ini merupakan inovasi Mahasiswa Fakultas Saintek prodi Teknik Elektro Umsida.

Inovasi Tim IMEI ini kemudian diluncurkan Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi pada penutupan Fortama Tahun Ajaran 2022/2023, Sabtu (16/09). “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim mobil ini secara resmi saya launching dan siap untuk mengikuti lomba di Mandalika,” ujarnya.

Rencananya, mobil listrik tersebut akan berkompetisi pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2022 di Sirkuit Mandalika pada  Oktober 2022 mendatang.

Mobil Prototype listrik ini merupakan capaian terbesar IMEI dari mobil listrik yang diciptakan sebelumnya. Ketua Tim IMEI Arga Bayu menjelaskan kelebihan dari Jayandaru EV.  Body mobil terbuat dari material yang sangat ringan yaitu chasis alumunium yang ringan. Bobot total mobil 50 kg. Jauh lebih ringan dari generasi sebelumnya yaitu 60 Kg. Bobot yang ringan ini juga mengurangi konsumsi daya baterenya sehingga energinya lebih hemat. Penggunaaan transmisi tumpuk, untuk membantu kaselerasi mobil ketika starting sehingga lebih ringan dan melaju cepat. Selain itu, Stering driver berada di samping sehingga memudahkan driver keluar apabila terjadi insiden kecelakaan.

Begitu pula aksesoris mesin lainya di design lebih efisien. Mobil hemat energi ini menggunakan baterai 48 volt yang mampu menempuh kecp kurang lebih 30-40 km/jam. Adapun capaian energi yang kita peroleh kurang lebih 260 km/kwh. “Jadi kita berupaya meningkatkan efisiensi mobil listrik ini,” ujarnya.

WhatsApp Image 2022 09 24 at 16.00.25
Tim IMEI Umsida dan mobil listrik yang akan diikutkan dalam kompetisi di mandalika

Ia menjelaskan untuk mengikuti kompetisi Internasional ini bukan hal yang mudah, mengingat persaingan antar peserta dari berbagai negara Asia yang sangat ketat. “Kami sangat bangga bisa mengikuti kompetisi Internasional secara luring, karena dua tahun pandemi kami ikuti via daring. Persiapan selama satu tahun dan kendala waktu untuk berkoordinasi dengajn teman-teman satu tim adalah tantangan yang luar biasa dalam merakit mobil Jayandaru EV ini,” jelas ketua Tim Arga Bayu.

Sementara Dosen Pembimbing Tim IMEI  Indah Sulistyowati ST MT berharap jika mobil listrik ini bisa memberikan hasil yang terbaik. “Semoga saat berkompetisi di Shell Eco Marathon Asia bulan depan di Mandalika, Lombok dan menjadi pemenang saat kompetisi KMHE di Surabaya bulan November tahun ini sehingga bisa mengharumkan nama UMSIDA ke kancah kompetisi mobil listrik baik di Indonesia dan Asia,” ujarnya.

“Mobil listrik ini sudah jadi icon mahasiswa kita, bahwa kita punya inovasi yang diakui dunia internasional.” pungkasnya.

 

*Humas Umsida

Berita Terkini

Pelantikan Rektor Umsida Masa Jabatan 2022-2026
November 30, 2022
Hukum Bunga Bank Menurut Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur 2022
November 29, 2022
Menyokong Percepatan Kampus Unggul Umsida Diskusikan Pengembangan MBKM Program ISS PKKM
November 28, 2022
Perkembangan Ekonomi Islam Dunia: Perspektif Al Maqasid
November 26, 2022
Mesin Karya Alumni Umsida Ini, Sukses Raih Juara Terinovatif 2 Inotek Award 2022
November 22, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp : 0877-5222-8200
Tlp              : 081-1309-1000
Email         : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN :
Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)
Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

KLIK DISINI