Penulis : umsidaj4y4 April 25, 2019 / Berita

Dekan Cup FEB 2019 sebagai ajang pencarian bakat telah digelar di tanggal 3 dan 7 April 2019 di Gedung FBHIS. Dari dua kategori lomba akademik dan nonakademik telah diumumkan para juara yang diharapkan bisa terus mengembangkan bakatnya. Kesan dan pesan dari para juara pun beragam.

Juara 1 Program Kreativitas Mahasiswa diraih leh :
Juara 1: Taufiq, Lia, Luthfiyatul (Akuntansi 6 B3)
Juara 2: Oktafia, Dewi, Nikita (Manajemen 2 B2)
Juara 3: Putri, Lady, Arini (Manajemen 4 A4)
Sebagai Juara 1 PKM: Taufiq, Lia, Luthfiyatul dari kelas Akuntansi 6 B3 merasa bersyukur dan senang sekali meski awalnya sempat ragu untuk menjadi juara. “Rival kami memiliki usulan proposal PKM yang bagus dan menarik, bidang pengabdian masyarakat. Kata juri, proposal itu sering lolos PIMNAS. Sedangkan kita bikin produk PRASAJA (Permen Aksara Jawa). Ini sejenis permen susu, yang kita cetak manual, karena mau pesan cetakan custom, tapi waktunya mepet,” jelas Lia.

Lolos ke babak 10 besar, membuat mereka bergegas menyiapkan produk untuk presentasi. “Bahkan salah satu dari teman kami, Lia, sampai nggak tidur hanya untuk mempersiapkan contoh produk untuk presentasi keesokan harinya,” ujar Luthfiyatul.
“Kaget sekaligus bahagia saat nama kelas kami disebut menjadi pemenang lomba, bahkan mendapat juara 1. Sontak, kami sangat bahagia khususnya bisa mendengar nama kelas kami bergema di dalam aula KH Mas Mansyur yang dihadiri oleh para dosen pengajar di FEB,” ucap Taufiq.

 

Juara 1 PKM ini menyatakan bahwa sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada para panitia yang bertugas mensukseskan acara Dekan Cup FEB terakhir sebelum bergabung menjadi fakultas baru. Mereka berharap, semoga tahun depan masih ada acara Dekan Cup lagi, bahkan lebih meriah dengan penambahan lomba.

Juara Business Plan diraih oleh :
Juara 1: Rinda, Desi, Urfa (Akuntansi 6 A3)
Juara 2: Syafrian, Titania, Cici (Manajemen 2 A1)
Juara 3: Mei, Ninda, Fatimah Y (Akuntansi 6 A2)
Si Kunyah alias Stik Kupang Renyah, berhasil mencuri perhatian juri dan menjadikannya juara pertama Business Plan. Rinda, Desi, dan Urfa dari prodi Akuntansi 6 A3 mengaku awalnya tidak ada firasat akan menang.
“Karena waktunya singkat, kami diskusi aja lewat online. Si kunyah ini awalnya nggak langsung jadi dan rasanya nggak langsung enak. Tekstur awalnya terlalu padat dan tebal. Terus timku mutar otak biar Si Kunyah ini enak. Akhirnya di percobaan ketiga udah enak,”

Rinda memaparkan., timnya membawa sampel produk dan ternyata teman-teman sekelasnya pun menyukai produknya. “Ini enak loh. Nggak pengen dijual? Nanti aku beli,” gitu kata mereka. Akhirnya, kita jual ke temen kelas terus dari situ timku mikir: ini ada peluang. Kenapa nggak sekalian kita nyebur aja buat bikin ini bener-bener jadi bisnis,” imbuh Rinda.

10 tim yang lolos juga mempunyai produk dengan keunggulan masing-masing. Tim Rinda sempat minder, keringet dingin, dan deg-degan. Namun, respons dari dewan juri benar-benar membangun, positif, dan menjadikan produknya sebagai juara pertama. Tim Rinda menyatakan bahwa ini pengalaman yang luar biasa bagi mereka.

 

Juara English Speech diraih oleh :
Juara 1: Nur Fauziatin (Manajemen 4 B2)
Juara 2: Ayu Windasari (Akuntansi 4 A1)
Juara 1 English Speech: Nur Fauziatin dari prodi Manajemen 4 B2 bersyukur menjadi juara pertama. “Alhamdulillah. Speechless dapat juara 1 english speech yang bertema The Role of Youth for Better Future of Indonesia. Hal ini sangat memacu saya untuk lebih semangat improve englishnya sebagai generasi millenial. Dan juara 1 ini saya persembahkan untuk ibu saya sebagai kado ulang tahun beliau.”
Zia berpesan kepada teman-teman, “Jangan pernah menyepelekan diri sendiri, karena setiap orang punya skill yang terpendam. Jika Anda ingin menjadi besar, berhentilah berpikir kecil. Cari, temukan, kembangkan, dan buktikan.”
Zia juga mengucapkan terima kasih kepada “AIY” atas sharing kondisi negara Jepang sebagai bahan materinya saat berpidato.

 

Juara Vlog diraih oleh :
Juara 1: @_intannl (Akuntansi 6 B2)
Juara 2: @fauzi_ojan (Manajemen 4 B1)
Juara 1 Vlog: Intan dari prodi Akuntansi 6 B2 menyampaikan kesan dan pesannya sebagai juara, “Kalau kesan ya senang banget karena tahun lalu sempat lolos 10 besar vlog tapi kalah. Dan tahun ini ternyata jadi juara 1 Vlog. Pesannya sih semoga lomba vlog masih berlanjut di tahun-tahun berikutnya.”
Intan juga memberikan masukan untuk sistem penjurian semoga tidak menggunakan jumlah likes dan views. “Kasihan temen-teman yang videonya bagus tapi likenya kurang. Jadi ya seharusnya murni dari juri. Gitu aja sih. Semoga lomba ini juga bisa jadi salah satu wadah kreativitas mahasiswa di era digital.”

 

Juara Master of Ceremony (MC) diraih oleh :
Juara 1: Rahmadina (Akuntansi 2 B3)
Juara 2: Novi Adha (Manajemen 6 SDM B1)
Jadi juara 1 MC dan langsung menjadi MC di acara penutupan Dekan Cup, membuat Rahmadina dari prodi Akuntansi 2 B3 merasa senang. Bagi Rahma, Dekan Cup adalah acara yang baik untuk diselenggarakan di kalangan mahasiswa karena dapat menggali bakat dan keterampilan yg dimiliki oleh mahasiswa. “Kegiatan ini juga sangat memotivasi khususnya pada diri saya sendiri agar lebih semangat dan terus mengembangkan bakat yang ada.”
Rahma juga berpesan, “Semoga lebih kreatif lagi dalam mencari dan menggali bakat yang dapat menjadikan sebuah prestasi untuk kita semuanya. Do the best, for the best, and be the best.”

Juara E-Sport Competition
Juara 1: Jaka, Suwasono, Jeffri, Habibillah, Yusuf, M. Risky (Manajemen 6 SDM A2)
Juara 2: M. Aldi, M. Bhakti, M Annas, Lailatul, Rama, Abimanyu (Akuntansi 2A3)
Juara 1 E-Sport: Jaka, Suwasono, Jeffri, Habibillah, Yusuf, M. Risky dari Manajemen 6 SDM A2 berpesan bahwa game bukan kriminal. Game ini cuma hiburan di kala penat dengan tugas kuliah. “Tetap semangat untuk teman-teman yang belum juara. Semoga E-Sport tidak dipandang sebelah mata. Mungkin masukan untuk panitia, semoga lebih tertata lagi di lomba yg akan datang, lebih paham tentang gamenya terlebih dahulu,” ungkap Jeffri.

 

Juara Duta FEB diraih oleh :
Juara 1 Putra: Bima Putra (Akuntansi 2 A3)
Juara 1 Putri: Melati Rahayu (Manajemen 2 B1)
Juara 2 Putra: Bima Setya (Manajemen 4 B1)
Juara 2 Putri: Amilia Ristika (Akuntansi 4 A2)

Juara 1 Putri Duta FEB Melati Rahayu dari prodi Manajemen 2 B1 berterimakasih kepada semua orang yang sudah mendukung, membantu, dan mempercayainya sebagai perwakilan dalam mengikuti kegiatan Dekan Cup, terutama Manajemen 2B1.
Melati mengungkapkan kesan sebagai juara, “Kesan pertama menjadi Duta FEB adalah bangga, karena sudah berhasil masuk dan ikut dalam keanggotaan Duta. Yang kedua, saya harus menjadi contoh yg baik bagi lingkungan, terutama di lingkungan kampus. Yang ketiga, saya juga harus bertanggung jawab atas apa yg telah saya lakukan, mulai dari etika, perilaku, kepribadian, lisan, maupun tingkat produktivitas. Karena semua tindakan, pasti ada dampaknya masing-masing.”

Melati juga menitipkan pesan untuk teman-teman, “Marilah kita membangun masa depan, melangkah maju sedikit demi sedikit, terus berusaha dan berani dalam mengambil keputusan. Semua yang kita lakukan adalah untuk meningkatkan nilai kita dan mengembangkan potensi kita agar mampu melewati segala tantangan dan hambatan dalam kehidupan ke depannya. Kita juga bisa belajar bersama, saling toleran, dan berperan aktif dalam lingkungan kita.”

Juara 1 Putra Duta FEB: Bima Putra dari prodi Akuntansi 2 A3 menuturkan bahwa ia merasa sangat senang dan bersyukur serta berterima kasih kepada teman-teman dan keluarga yang sudah mendukungnya sehingga terpilih menjadi perwakilah Duta FEB di acara Dekan Cup.
“Dekan cup adalah acara yang sangat baik di kalangan mahasiswa karena kegiatan ini menjadi wadah dalam hal pengembangan diri mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakat serta kreativitas sehingga menjadikan mahasiswa yang berkompeten dan berprestasi.” ujranya.

Juara Duta ini juga berpesan agar lebih ditingkatkan lagi dalam program dan acara, sehingga aspirasi mahasiswa bisa tercapai dan terlaksana di acara Dekan Cup selanjutnya.

Juara Futsal diraih oleh :
Juara 1: Batman FC
Juara 2: Mebone
Juara 3: M2B3
Batman FC, dari kelas campuran antara semester 6 B2 MSDM& Pemasaran. Para pemain berterima kasih dan bersyukur bisa menjuarai lomba futsal ini.
“Sangat bahagia bisa berkompetisi di dekan cup, dan bisa menjuarai kompetisi futsal di dekan cup,karena di dekan cup kita semua bisa kenal sama kelas yang lain,” ungkap Batman FC.

Mereka juga menambahkan, “Harapan kami, Dekan Cup bisa dilaksanakan setiap tahun khususnya di futsal sehingga dapat memunculkan mahasiswa yang berprestasi di bidang futsal. Semoga sarana dan prasarana lomba juga lebih baik lagi.

Yordan, Sang Kapten, mengimbuhkan, “Sangat senang karena sejak semester pertama mengikuti Dekan Cup selalu gagal dalam penyisihan grup. Tapi tim kami tidak pernah menyerah terus belajar sampai akhirnya menjuarai dekan cup. Terima kasih kepada wali dosen kami, Pak Joko Susilo yang selalu menyuport tim Batman FC.”
“Ini adalah apa yang kita inginkan dari semester pertama sampai sekarang, dan baru terwujud menjuarai di semester enam. Ini adalah bentuk kenang-kenangan dari perpisahan kelas yang happy ending. Semoga dekan cup selanjutnya bisa lebih meriah lagi,” ujar Roy, official Batman FC. (inka)

Related Post