KKN-P Desa Blimbing Bersinergi Tebar Manfaat Melalui Cerdas Cermat & Perpustakaan

Penulis : umsidaj4y4 March 9, 2019 / Berita

Masa pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2019 telah berakhir sudah. Namun berbagai kabar tak hentinya mengalir, menceritakan bagaimana peran nyata setiap tim KKN-P Umsida. Salah satu kabar berasal dari tim KKN-P Desa Blimbing Kecamatan gurah Kabupaten Kediri. Tim berhasil membuat ivent kreatif berupa cerdas cermat bagi siswa, yang dilaksanakan pada 10/01/2019.

Selain itu dilakukan juga peresmian perpustakaan yang merupakan program kerja utama dalam pengabdian KKN di Desa Blimbing. Dalam pelaksanaanya cerdas cermat diikuti oleh siswa SD Desa Blimbing dari kelas 4 hingga kelas 6. Mereka terbagi ke dalam 6 regu yang masing-masing regunya diisi tiga siswa. Uniknya setiap regu diberi nama berdasarkan semua hal yang berhubungan dengan falsafah Bangsa yakni Tim Bhinneka Tunggal Ika, Garuda, Pancasila, UUD 1945, Proklamasi, dan NKRI. Acara yang digelar di aula Balai Desa Blimbing tersebut selain dihadiri oleh siswa SD, juga hadiri oleh Kepala Desa Blimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), perangkat Desa Blimbing, serta warga Desa Blimbing. Untuk merangkul setiap kalangan tim KKN-P bekerja sama dengan karang taruna Desa yang ditugaskan sebagai juri dalam cerdas cermat tersebut.

blob:https://web.whatsapp.com/c3bb5e29-94d1-454f-9b8b-a7c70ade8d6b

Demi kelancaran kegiatan, tim KKN-P memfasilitasi setiap regu dengan penanggung jawab dari mahasiswa KKN sendiri dan memberikan kisi-kisi soal untuk setiap regu. Soal yang diberikan terdiri dari mata pelajaran matematika, IPA, PKN, dan IPS. Acara cerdas cermat dimulai dengan babak penyisihan dimana terdapat dua babak di dalamnya. Babak pertama Tim UUD 1945, Pancasila, dan proklamasi berkompetisi dan dimenangkan oleh Tim Proklamasi. Babak kedua ada Tim NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Garuda yang kemudian di menangkan oleh Tim Garuda. Babak final mempetemukan dua tim tangguh yakni Tim Proklamasi dan Tim Garuda. Keduanya berkompetisi untuk memperebutkan tempat pertama, yang pada akhirnya dimenangkan oleh Tim Garuda dengan skor nilai 825.

“Semua Regu sangat antusias dalam mengikuti acara cerdas cermat. Mereka berusaha belajar dengan menemui kakak penanggung jawab untuk belajar kisi-kisi soal yang telah diberikan,” ujar perwakilan tim KKN-P Desa Blimbing.

Setiap orang semakin antusias ketika acara puncak telah sampai. Pada kesempatan itu dilaksanakan pembukaan perpustakaan desa yang diresmikan oleh Kepala Desa Blimbing dengan disaksikan oleh masyarakat setempat serta mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan ini perpustakaan Desa Blimbing siap beroperasi untuk kepentingan masyarakat yang diharapkan bisa menambah pengetahuan dan wawasan berdasarkan keahliannya masing-masing. (Rozzaq, Lintang)

Related Post