Penulis : umsidaj4y4 February 26, 2019 / Berita

Kuliah kerja nyata pencerahan Umsida kembali menunjukkan manfaatnya. Melalui rumah sodaqoh tim KKN-P Desa Janti Kabupaten Jombang berhasil ketuk hati warga untuk berbagi melalui rumah sodaqoh.

Rumah sodaqoh merupakan suatu wadah yang dibuat oleh tim KKN-P Desa Janti. Fungsi rumah sodaqoh diperuntukkan sebagai tempat penyaluran dana bantuan dari masyarakat Desa Janti secara sukarela, seikhlasnya yang nantinya dana ini akan diserahkan ke pengurus dan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Rumah sodaqoh dapat dikatakan sebagai program terobosan, uniknya teknis rumah sodaqoh dilakukan dari pintu ke pintu setiap jum’at nya.

“Kami selaku anggota KKN dibantu oleh pengurus inti rumah sodaqoh berjalan menuju rumah warga secara bergantian untuk menjelaskan tujuan program kerja ini. Respon masyarakat desa sangat baik dan mendukung dengan memberikan beberapa uang kedalam kaleng yang sudah di desain khusus untuk rumah sodaqoh,” terang Wimeta menjelaskan teknis pelaksanaan rumah sodaqoh.

Tim KKN-P Desa Janti patut berbangga, niat dan program kerja melaui rumah sodaqoh ini dapat diterima oleh warga dan disambut baik oleh pengurus intinya. Melalui pengurus inti rumah sodaqoh tim KKN-P memperoleh ilmu baru, juga sebaliknya. Rasa senang yang terlihat dari keantusiasan warga tersaji ketika mereka turut membantu dan berpartisipasi dalam program kerja ini. Di sanalah tim KKN-P Desa Janti termotivasi untuk melakukan yang terbaik untuk warga. Melalui teknis pintu ke pintu itulah mereka lebih dekat dengan warga.

“Kami merasa bahagia bisa membantu orang lain yang membutuhkan bantuan, melalui itu juga kami lebih dekat dengan masyarakat dengan santai tanpa ada rasa canggung. Dampak positif  lainya bisa menambah teman dan relasi sebagai saudara seagama,” ungkap Wimeta. Melalui program kerja rumah sodaqoh yang dilakukan tim KKN-P Umsida masyarakat sadar akan pentingnya menolong sesama manusia. Tentunya menjadi catatan amalan baik bagi warga dan  tim KKN-P Desa Janti. (Wimeta/Lintang)

Related Post