Penulis : umsidaj4y4 March 30, 2017 / Uncategorized

Sidoarjo – Jumat (29/1) Lagi-lagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) ikut berperan dalam mensukseskan acara rekor muri kegiatan literasi koran. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo bersama dengan jawa pos berhasil mencetak rekor muri terbanyak di tahun ini. Sekitar 80.000 pelajar se kabupaten sidoarjo berbondong -bondong menuju alun-alun kota. Acara yang diadakan bersamaan dengan hari jadi sidoarjo ke-157 mendapat respon positif dari berbagai pihak, kawula muda, dan masyarakat.
“Saat ini budaya literasi di sekolah sangatlah rendah. Hal ini dilihat dari minat baca tulis siswa. Hanya beberapa sekolah yang menerapkan budaya literasi.” Tandas Tirto Adi, kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dispendik Sidoarjo.

Penghargaan Rekor MURI ini diberikan kepada DPRD kabupaten sidoarjo, kepala dinas pendidikan, dan juga CEO Jawa Pos. Ada 4 kriteria dalam pemecahan Rekor MURI yakni terbanyak, terunik, terlangka dan teraneh. Kegiatan literasi koran ini sudah memecahkan rekor muri dengan kriteria terbanyak yang ke 7307. Semoga kegiatan ini dapat membuat generasi bangsa harus gemar membaca. Tak hanya itu saja serta menggugah masyarakat gemar membaca budaya literasi dan gemar menulis. Sebab berdasarkan riset UNESCO ada 1000 pelajar, hanya SATU gemar membaca. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi kemampuan kualitas siswa.
“Saya mewakili pihak Jawa Pos mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa UMSIDA yang telah membantu dan mensukseskan acara kami dari awal persiapan sampai berakhirnya kegiatan ini, semangat kalian sungguh luar biasa. “Ujar Ketua pelaksana pihak Jawa Pos.
Semangat mahasiswa UMSIDA tak pernah padam. Untuk persiapan acara tersebut mereka rela berangkat subuh. Acara berjalan dengan lancar.
Puluhan ribu pelajar membentuk tulisan konfigurasi BANGGA SIDOARJO 157 TH.
“Kegiatan ini memang cukup melelahkan karena kami harus mengatur 80.000 pelajar se kabupaten sidoarjo dan itu tidaklah mudah. Tapi kami senang sekali bisa ikut berperan aktif untuk mensukseskan acara ini.” Tandas Asyam mahasiswa umsida.
“Harapan kami semoga umsida bisa berperan aktif lagi di event-event selanjutnya baik di sidoarjo dan sekitarnya” tandasnya lagi. (nila/dian)

Related Post

Type your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *