Penulis : umsidaj4y4 April 30, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – Lena Mareta anggota Ikatan Ahli Geologi Indonesia berkesempatan menjadi pembicara di acara kuliah umum yang diselenggarakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)  dan Minarak brantas gas Inc bersama Universitas Nahdatul Ulama Sidaorjo (Unusida) dimana kali ini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berkesempatan menjadi tuan rumah (30/4). Dalam kesempatan itu, lena mareta menjelaskan tentang industry hulu migas dalam prespektif geologi. Dimana dalam menemukan sumber minyak dan gas diperlukan studi geologi yang baik dan matang.

“jadi dalam Industri hulu migas, ada 2 kegiatan inti yakni eksplorasi dan eksploitasi. Pada kedua kegiatan inilah peran studi geologi sangat diperlukan untuk menemukan sumber minyak dan gas dengan tepat dan cermat,”ujar Lena. Lebih lanjut lena menjelaskan dalam kegiatan eksplorasi dilakukan pencarian dan pengumpulan data yang dilanjutkan dengan interpretasi dan analisa data, selanjutnya barulah dilakukan pembuktian lapangan atau pemboran. Sementara itu pada kegiatan eksploitasi dilakukan kegiatan oengeboran suruh pengembangan yang telah diketahui cadangan migasnua, keekonomiannya sehinga areal tersebut dapat di eksploitasi. Selanjutnya dilakukan kegiatan pengembangan, pempipaan (transportasi Migas), penampungan dan pengapalan (penjualan).

Melalui Kuliah umum ini, lena Mareta berharap kedepannya mahasiswa dapat menjadi bagian dari sumber daya manusia yang kompeten untuk menangani usaha hulu migas. Mengingat industry ini berhubungan langsung dengan alam dan hajat hidup rakyat banyak. (Real)

Related Post