Penulis : umsidaj4y4 November 23, 2017 / Berita

UMSIDA.AC.ID– Investasi merupakan suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi).

Pertumbuhan ekonomi sangat bergantung dari investasi, sebagai motor penggerak. Dewasa ini banyak negara-negara yang melakukan kebijaksanaan yang bertujuan untuk meningkatkan investasi baik domestik ataupun modal asing, termasuk Indonesia. Hal ini dilakukan oleh pemerintah sebab kegiatan investasi akan mendorong pula kegiatan ekonomi suatu negara, penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa atau bahkan penambahan devisa.

(18/10) fakultas ekonomi dan bisnis mengadakan sosialisasi dan pelatihan di Aula K.H Ahmad Dahlan lantai 7 gedung FEB. Semua mahasiswa FEB semester 3 wajib menikuti sosialisasi tersebut dan dihadiri 347 mahasiwa, dengan pemateri pertama  Dewi Ratiwi Meiliza, SE., MM dan pemateri keduaPujo Setyo Basuki.”Acara ini diadakan  untuk kedepannya melatih mahasiswa lebih baik lagi dalam berinvestsi.” ujar  Rizky Eka Febriansah, SMB, MSM selaku ketua pelaksana.

Investasi dalam pembentukan modal tidak hanya meningkatkan faktor produksi atau pertumbuhan ekonomi, tapi juga dapat memberikan kesempatam kerja bagi masyarakat swhingga mengurangi pengangguran.

Suatu negara akan berkembang secara dinamis jika investasi yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada nilai penyusutan faktor-faktor produksinya. Negara yang memiliki investasi yang lebih kecil daripada penyusutan faktor produksinya akan cenderung mengalai perekonlmian yang stagnasi.(yosi/farica)

Related Post