Penulis : umsidaj4y4 April 1, 2017 / Uncategorized

Tiga belas mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) mengikuti ajang balap mobil international bergengsi Shell Eco Marathon di Luneta Park, Manila, Filipina selama satu minggu di bulan Maret lalu. Penuh kebanggaan, tim balap UMSIDA adalah satu-satunya tim dari Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang berangkat ke Filipina mengalahkan PTS ternama lainnya. Delapan dari tigabelas mahasiswa tersebut adalah Vendik Setyawan, Sugeng Setyawan, Ahmad Muharya, Yoga Hardianto, Riski Amin Santoso, Rosy Achmad Haris, Muhammad Farid, dan Hevy Qurrotul A.R. (tim internal yang berusaha meloloskan dan menjaga kelancaran mobil di dalam paddock), sedangkan lima yang lain sebagai anggota pendukung adalah Miftachur Rifki Antoni, Fazal Muttakun, Wahyu Herlambang, Mafatihul Akbar dan Achmad Ubaidillah (tim eksternal yang bertugas sebagai pengawas membeli komponen di daerah manila).

Ketigabelas mahasiswa tersebut bersatu padu bersaing untuk memenangkan Shell Eco Marathon 2016. Tak hanya balapan, Shell Eco Marathon juga memperlombakan mengenai efisiensi, teknologi dan bahan bakar alternatif. Masing-masing tim didampingi oleh ambassador atau panitia pendamping yang membantu setiap kesulitan tim.

Meeting pertama untuk strategi pelolosan sampai kemenangan pun dilakukan berbekal keyakinan kita mulai ulas satu persatu strategi yang kita susun di Indonesia untuk menyamakan konsep dan situasi sebenarnya dilapangan, dengan berbekal informasi yang diperoleh dari setiap individu dari team internal dan eksternal kita mulai mengkaji setiap kemungkinan dan jalan buntu dari kemungkinan itu sendiri, dengan perdebatan yang keras dan sempat memanas karena pressure yang begitu tinggi dari mental anggota tim akhirnya tercapailah kata mufakat pada 3 Maret pada pukul 00.00 WIB, “BAGAIMANAPUN CARANYA BESOK KITA HARUS BISA DUA KALI RACE,” ujar sang driver Vendik Setyawan dan Yoga Hardyanto selaku mekanik.

 

Related Post

Type your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *