Persiapkan Anak Masuk Sekolah dengan NST dan Bender Gestalt

Penulis : umsidaj4y4 April 27, 2019 / Berita

Laboratorium Psikologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar  Workshop bertema “Identifikasi Kesiapan Sekolah Anak dengan NST dan Bender Gestalt Test” pada Sabtu (26/04/2019).

Bertempat di Laboratorium Klasikal lantai 1 gedung Prodi Psikologi, peserta workshop ini diberikan bekal untuk mengidentifikasi kesiapan anak bersekolah melalui dua alat tes psikologi yang tersedia, yaitu Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) dan Bender Gestalt Test. Selain itu juga, mereka diajari tentang instruksi dan prosedur pengerjaan serta scoring kedua alat tes tersebut.

Dengan menghadirkan dua pemateri yang kompeten di bidangnya yaitu Ghozali Rusyid Affandi S Psi MA Peneliti Kesiapan Sekolah Anak dan Lely Ika Mariyati M Psi Psikolog seorang Psikolog dan Konsultan Sekolah, workshop ini berlangsung selama kurang lebih 6 jam. Meskipun demikian, para peserta sangat antusias dengan materi yang dipaparkan, terbukti dengan mengalirnya tanya jawab dan diskusi oleh peserta dan pemateri.

“Ada hal yang perlu diperhatikan bagi orangtua yang memiliki anak usia sekolah sebelum memutuskan untuk menempatkan anak di sekolah yang didambakan. Orangtua sebaiknya mengidentifikasi apa saja hal yang perlu disiapkan.” Jelas Lely.  “Selain mempersiapkan finansial, orangtua juga harus melihat kesiapan sang anak dalam menerima bahan materi pendidikan.” imbuhnya

Identifikasi sejak dini terhadap kesiapan sekolah bagi anak merupakan hal wajib bagi orangtua. Jika orangtua masih belum mampu mengidentifikasi secara mandiri kesiapan sekolah sang anak, banyak praktisi yang mampu membantu orangtua dalam hal tersebut. Salah satunya adalah Laboratorium Psikologi Umsida. (Mega/NAG)

Related Post