Prodi Psikologi UMSIDA Kenalkan Permainan Tradisional Pada Komunitas Kampung Lali Gadget

Penulis : umsidaj4y4 May 23, 2019 / Berita

Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) diundang Komunitas Kampung Lali Gadget yang berpusat di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu Sidaorjo, untuk meriahkan acara dalam mewujudkan usahanya mengurangi kecanduan terhadap gadget, pada Minggu (24/03/2019).

Penggunaan gadget berlebih yang sampai menyebabkan kecanduan inilah yang ingin dihilangkan oleh Komunitas Kampung “Lali Gadget”, karena di zaman sekarang, penggunaan Gadget yang kian marak ternyata menimbulkan dampak yang besar bagi kehidupan manusia terutama anak-anak.

“Sudah banyak penelitian yang membahas dampak negatif penggunaan gadget berlebih, mulai dari berkurangnya interaksi langsung antar sesama manusia, sampai dampak negatif yang menyerang kesehatan.” Tutur Ghozali Rusyid Affandi S Psi MA Dosen Psikologi UMSIDA.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan lagi semangat bermain permainan tradisional pada anak-anak. Prodi Psikologi UMSIDA memperkenalkan permainan tradisional, diantaranya lompat tali, ular tangga edukatif, congklak, dan masih banyak lagi. Setiap permainan, didampingi fasilitator yang berasal dari dosen, staf, laboran, dan asisten praktikum.

Fasilitator ini membagikan ilmunya kepada anak-anak tentang manfaat dari masing-masing permainan tradisional.  Karena permainan tradisional ini bukanlah sekedar permainan tanpa manfaat, tapi banyak manfaat yang didapatkan melalui permainan tradisional ini.

“Dengan bermain permainan tradisional ini, maka manfaatnya adalah timbulnya rasa bersosial, keakraban bersama teman, toleransi terhadap temannya dan mengurangi ego dengan teman sebayanya. Sehingga dari situ,  semua permainan tradisional ini dapat membentuk karakter positif bagi anak-anak zaman sekarang.” jelas pak Ghozali panggilan Ghozali Rusyid Affandi. (Mega/NAG)

Related Post