LAMBANG UMSIDA

Logo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tulisan Arab Muhammadiyah

:

Sebagai Pengikut Ajaran Nabi Muhammad SAW
Matahari Bersinar Dua Belas

:

Organisasi Muhammadiyah Berdiri Tahun 1912
Dua Kalimat Syahadat

:

Sebagai Ikrar dalam Ajaran Islam, yaitu Kesaksian bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah dan Pengakuan Muhammad Sebagai Utusan Allah
Padi dan Kapas

:

Memperjuangkan Masyarakat Adil dan Makmur berupa Sandang dan Pangan serta Bertabiat seperti Padi “Semakin Berisi Semakin Merunduk”

 LOGO UMSIDA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

• Pada spektrum atau garis energi cahanya ada 6 titik cahaya dan 5 garis cahaya. Cahaya merupakan simbol dari pencerahan Universias Muhamamdiiah Sidoarjo (Umsida).
• Pada spektrum cahaya terdapat 6 titik cahaya yang menjadi simbol dari core value UMSIDA, yaitu Uswah atau teladan, Mandiri atau independen, Sinergi, Islami, Dinamis dan Amanah. Selain itu, 6 titik cahaya tersebut yang juga representasi 6 rukun iman yang memberi makna bahwa seluruh gerak langkah Umsida didasarkan atas ketauhidan.
• 5 garis cahaya yang melintang menjadi simbol rukun islam.  Pada 5 garis cahaya tersebut, empat cahaya memncar keluar dan satu cayaha memancar ke dalam, menandai bahwa Umsida selain memberi pencerahan kepada masyarakat juga memberikan pencerahan ke dalam diri sendiri.
• 5 titik membentuk pentagon (segi lima) yang mementuk lambang UMSIDA.
• Titik-titik dan garis saling terhubung menunjukkan sinergi dan networking sebagai kunci keberhasilan dan kesuksesan bersama. Garis-garis satu sama lain tersebut membentuk sebuah negative space sebuah bola dunia, yang menandakan visi global UMSIDA.
• Posisi cahaya dari timur tempat terbitnya matahari menandakan dimulainya pencerahan
• Warna kuning representasi padi yang menguning menandakan kesejahteraan. warna biru menandakan warna dasar Universitas Muhammadiyah.
• Tipografi yang berbeda ukuran, menandakan kemampuan UMSIDA yang adaptif terhadadap perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan seni.