Penulis : umsidaj4y4 April 25, 2019 / Berita

Umsida.ac.id – Program Studi Teknik Elektro Umsida (PSTE-U) gelar acara donor darah (22/4). Bertajuk Program Studi Teknik Elektro Umsida Peduli Sesama, acara tersebut merupakan bagian dari Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan yakni Materi Pondasi Mental Pewirausaha. Berangkat dari Semangat untuk menjadi manusia yang bermanfaat sebagaimana Sabda Rasulullah SAW : Khoirunnas anfa uhum linnas yang artinya sebaik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, serta semangat yang di tularkan Brian Tracy yakni “Successful people are always looking for opportunities to helps other. Unsuccessful people are asking, What’s in it for me ?” maka tercetuslah acara ini.

Sebanyak lebih dari 50 mahasiswa PSTE – U mengikuti donor darah. Mayoritas dari mereka belum pernah melakukan donor darah sehingga ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka dan sangat mengesankan. Jamaluddin Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada donor darah yang merupakan bagian kecil dari bentuk kepedulian pada sesama. Ya sebagai pewujudan Khoirunnas Anfa uhum Linnas,” ujarnya.

Selain itu, mengingat kebutuhan darah sangat banyak, terutama golongan darah AB namun tidak sebanding dengan ketersediaan stok darah. Oleh karena itu, melalui donor darah ini diharapkan dapat menjadi bentuk sodaqoh sederhana dari mahasiswa PSTE-U untuk orang orang yang membutuhkan. Bahkan salah satu pendonor berusia 55 tahun yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku sudah lebih dari 100 kali mendonorkan darahnya. Artinya setiap 3 bulan sekali ia melakukan donor darah. Dihadapan para mahasiswa ini ia sempat menjelaskan alasannya rajin donor darah dan sangat menggugah hati. Ia mengatakan, “Saya ini orang tidak punya mas, saya juga bukan orang yang pintar, jadi yang saya bisa bantu pada oranag lain ya melalui darah saya ini,” pungkasnya. (Jml/real)

Related Post