Saad Ibrahim : PWM Instruksikan PDM Perbanyak Membuat Amal Usaha

Penulis : umsidaj4y4 March 31, 2019 / Berita

UMSIDA.AC.ID – Berdasarkan data tahun 2017/2018 di jawa timur masih terdapat 10 Kabupaten dari 38 kabupaten dan kota berada pada wilayah yang miskin. Ketua PWM Jawa Timur DR KH Saad Ibrahim MA mengatakan, relasi antar kemisiknan di jawa timur dengan kehadiran muhammadiyah memberikan pengaruh di kawasan tersebut.

Banyak hal yang terjadi ketika muhammadiyah tidak hadir atau kurang itu akan ada hubungan signifikan dengan terjadinmya kemiskinan.
“Di Jawa timur ada sebuah pulau yang 44 kabupatennya itu masuki 10 besar wilayah miskin, dan di sana muhammadiyah lemah. Ungkapannya dikawasan itu kalo ditanya kaum muslim disampaikan ada 90 %, yang 10% muhammadiyah.” ujar pria kelahiran Mojekerto tersebut.

Beliau menambahkan, ada suatu kawasan yang Muhammadiyahnya kuat namun  masih masuk dalam 10 besar tersebut. Setelah beliau amati, di wiliyah tersebut terdapat bagian selatan, bagian tengah dan bagian utara. Rupanya Muhammadiyah lebih banyak berkiprah di bagian tengah dan utara. Sedangkan di selatan banyak orang diluar muhammadiyah.
“PWM menginstruksikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) di wilayah tersebut untuk memperbanyak membuat amal usaha.”

Saad Ibrahim menjelaskan bahwa saat ini PWM Jarim telah meimiliki 22 rumah sakit, 120 panti asuhan, sekolah sejumlah 1000, paud 1336, pondok pesantren muhammadiyah boarding school sebanyak 44. Disitulah bagian muhammadiyah mempercantik dan memperkokoh Republik Indonesia. Di jatim memiliki 7 Universitas, Salah satunya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (rizky)

Related Post