Tingkatkan Prestasi Generasi Muda Melalui Workshop Karya Tulis Ilmiah

Penulis : umsidaj4y4 May 2, 2019 / Berita

UMSIDA.AC.ID – Kemampuan menulis sangat terpengaruh oleh tingkat pendidikan seseorang, Memperkaya literasi dengan meningkatkan minat baca tulis akan meperkaya wawasan dan pengetahuan, Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Penanaman literasi sedini mungkin harus disadari karena menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya.

Dalam menumbuhkan pengetahunan mahasiswa administrasi publik mengenai menulis karya tulis ilmiah dengan baik, Himpunan Mahasiswa administrasi publik umsida mengadakan Workshop Karya Tulis Ilmiah betajuk “Membentuk Gemerasi Muda Berprestasi Dengan Karya Tulis Ilmiah”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada (02/05) di Aula K H Mas Mansyur Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tersebut, turut mengundang narasumber dari Dosen Universitas Airlangga Surabaya Sulikah Asmorowati, S.Sos.,MDevst.,Ph.D dan Dosen Administrasi Publik Umsida Ilmi Usrotin Choiriyah, M.AP,M.Pol,Sc

Acara tersebut dihadiri oleh 250 peserta yang berasal dari mahasiswa Administrasi public Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Wisnu Panggah Setiyono,SE.,M.Si.,Ph.D. , Kepala Program Studi Administrasi Publik Lailul Mursyida,S.AP.,M.AP serta dosen Administrasi Publik Umsida.

Kegiatan yang dimoderatori oleh mahasiswa Administrasi Publik Syahrul Ramadhani ini bertujuan untuk menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiwa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil ( produsen ) pemikiran dan karya tulis terutama setelah penyelesaian studinya

Dalam menyampaikan materi, Sulikah Asmorowati, S.Sos.,MDevst.,Ph.D menerangkan bahwa Kemampuan literasi baca dan tulis adalah syarat utama untuk membangun peradaban dan kunci dari ilmu pengetahuan.
“Mahasiswa lebih aktif untuk membaca, aktif menulis dan menjadi mahasiswa yang peduli akan literasi dan mampu menghasilkan karya-karya ilmiah yang dapat menginspirasi banyak orang”. Ujar Dosen Universitas Airlangga Surabaya.

Ilmi Usrotin Choiriyah, M.AP,M.Pol,Sc juga menerangkan Kemampuan untuk menulis karangan ilmiah tidak cukup berbekal penguasaan pengetahuan (knowledge) teknik menyusun karangan ilmiah, tetapi memerlukan keterampilan yang didasarkan oleh bakat dan kemauan untuk melatih diri secara terus menerus
“Faktanya banyak mahasiswa yang kurang peduli (mungkin tidak tahu) arti penting kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan softskill (umumnya hanya fokus pada bagaimana memperoleh IPK Tinggi)” kata Dosen Administrasi Publik Umsida

Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial Wisnu Panggah Setiyono,SE.,M.Si.,Ph.D. juga menjelaskan bahwa “Karya Tulis Ilmiah merupakan roh yang mengatur mahasiswa atau bisa dikatan sebagai jati diri mahasiswa, karya tulis ilmiah sebagai ciri seseorang sebagai civitas akademik di perguruan tinggi”. Ujarnya.

Selain itu Ketua Pelaksana Sri Intan Puspitasari berharap dengan adanya kegiatan workshop yang sangat penting ini nantinya akan memperkaya pengetahuannya terkait dengan materi yang dibahas yakni yang terkait dengan pembuatan karya tulis ilmiah,” ujarnya .(Ikhsan / Eva)

Related Post