Penulis : umsidaj4y4 May 31, 2019 / Berita

Sejak dicanangkannya Sidoarjo sebagai kota Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), banyak sekali UMKM baru yang muncul di Kota Sidoarjo. Menjamurnya UMKM bukan hanya di kota tetapi di desa-desa kabupaten Sidoarjo juga banyak sekali tumbuh UMKM baru.

Desa Kenongo Kecamatan Tulangan adalah salah satu desa yang sangat maju pesat dalam aktifitas ekonomi warga dan pertambahan jumlah penduduknya, hal ini dikarenakan bencana lumpur Lapindo yang menyebabkan warga daerah terdampak banyak yang berhijrah ke Desa Kenongo.

Pemberdayaan UMKM adalah salah satu kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat kalangan menengah kebawah. Dalam hal ini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) GEO UMKM Desa Kenongo, yaitu pembuatan database online UMKM desa kenongo yang mencantumkan nama usaha, alamat dan nomor telepon disertai peta lokasi.

Fitri Nur Latifah SE ME Sy, Kaprodi Perbankan Syariah Umsida mengatakan perlu adanya pendataan UMKM di Desa Kenongo agar bisa dipetakan jenis UMKM dan potensinya.  “Dengan adanya Database UMKM Desa Kenongo ini nantinya diharapkan pemberdayaan UMKM warga desa Kenongo akan jauh lebih maksimal dan tepat sasaran.” katanya.

Langkah pertama dalam pembuatan database ini yaitu dosen dan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah dan Informatika melakukan survei dan pendataan tentang lokasi, aset dan jenis usaha UMKM yang ada di Desa Kenongo. Survei dan pendataan dilakukan sejak Januari hingga Maret 2019. Ada kurang lebih 80 UMKM yang ada di desa kenongo dengan berbagai jenis usaha diantaranya bengkel, makanan, minuman, salon dan lain sebagainya.

“Langkah berikutnya, data hasil survei tersebut dimasukkan kedalam direktori online UMKM desa kenongo dengan alamat website : https://www.umkm-indonesia.com. Sekarang, websitenya sudah bisa diakses.” Kata Fitri, sapaan akrabnya.

Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya diantaranya kegiatan Pelatihan Pembuatan Pembukuan sederhana bagi wirausaha baru Ibu rumah tangga dan pelatihan manajemen usaha Ibu Rumah tangga yang Bankable di Desa Kenongo. Dengan itu, Umsida berharap UMKM di Desa Kenongo akan lebih maju dan berkembang sehingga taraf ekonomi warga Desa Kenongo juga menjadi lebih baik.(HW)

Related Post