Uniknya Pameran Hasil Alam di Bazar Sains Umsida

Penulis : umsidaj4y4 January 17, 2018 / Berita

Penilaian akhir di Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pend. IPA) Universitas Muhammdiyah Sidoarjo (Umsida) bisa dibilang sangat unik. Para mahasiswa harus memamerkan hasil percobaannya yang berbahan alam pada Bazar Sains di lobi Gedung D Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Kamis (11/01/2018) lalu. Banyak produk unik yang dipamerkan semua berbahan alam tanpa bahan pengawet, salah satunya adalah pengharum. Humas Umsida mewawancara group yang berhasil melakukan percobaan membuat aroma terapi dan pafrum.

Yani Cahyaningrum, mahasiswa prodi IPA semester 7 membuat lilin aroma terapi dari serat jeruk. Penasaran? Silakan praktik dirumah, begini caranya. Bagian atas buah jeruk (bukan pangkal atau bekas tangkai) dipotong lalu buahnya diambil, dimakan juga boleh tetapi biarkan serat2nya di dalam. Setelah terangkat semua buahnya, tinggallah kulit jeruk dan serat.

Serat itu kemudian dipilin menjadi sumbu dan dituangi sedikit minyak sayur atau minyak zaitun. Namun, Jika serat jeruk tadi terlanjur terangkat (tidak ada sumbu dari pangkalnya), bisa diganti dengan kapas, dipilin kemudian diletakkan di pangkal kulit jeruk bagian dalam. Ini sebagai pengganti sumbu asli dari serat jeruk. Terakhir nyalakan korek api atau lilin arahkan ke sumbu tadi, whollaaa jadilah aroma terapi alami, rasakan sensasi aroma jeruk dan minyak zaitun, yang pasti bisa membuat pikiran kita jadi lebih fresh.

Berbeda dengan Khoirul Basri dan Intan Novi Andayati, semester 5 yang membuat empat jenis parfum berbahan bunga kenanga, cempaka, mawar dan sedap malam. Caranyapun mudah, “Bunganya dihancurkan, diambil ekstraknya lalu dicampur 1 ml air mineral yang tidak terkontaminasi bakteri, dah jadi,” kata Basri.

Karena berbahan alami dan tanpa pengawet, parfum ini tahan satu sampai dua minggu, “Kalo kenanga dan cempaka tahan sampai 2 minggu, kalo sedap malam dan mawar bertahan 1 minggu,” pungkas Intan.

Mari kita kembali pada pola dan gaya hidup sehat dengan cara alami, mudah dan murah ala Sains Umsida. Selamat Mencoba!

Related Post