150 Mahasiswa Psikologi Umsida Siap Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus

150 Mahasiswa Psikologi Umsida Siap Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus

Umsida.ac.id –Dalam menyambut era pendidikan yang inklusif dan upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus, Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Kuliah Tamu spesial dengan tema “Penyusunan Matriks Perencanaan Pembelajaran Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus” pada Selasa (04/06/2024).

Siapkan Mahasiswa Psikologi Hadapi Siswa Special

Narasumber kuliah tamu ini adalah Nishrina Khamida MPsi Psikolog yang menjabat sebagai Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo. Beliau membagikan ilmu dan trik jitu dalam menyusun matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Dengan pengalaman yang luas dalam bidang pendidikan inklusi, Nishrina mampu menyampaikan materinya dengan sangat baik dan mudah dipahami. Selain itu, beliau juga memberikan contoh-contoh kasus nyata yang sering dijumpai di lapangan, sehingga mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang penerapan matriks perencanaan pembelajaran tersebut.

150 Mahasiswa Psikologi Umsida Siap Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus

Sebelum kuliah tamu, prodi Psikologi Umsida telah menjalin kerjasama dengan UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo dalam bentuk seat in. Seluruh mahasiswa yang sedang mendalami mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus dikirim untuk melakukan asesmen dan identifikasi awal pada anak-anak berkebutuhan khusus di beberapa TK di Kabupaten Sidoarjo. Hasil seat in ini kemudian dibahas dan ditindaklanjuti melalui kuliah tamu kali ini sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa menjadi pendamping pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.

Baca juga: Sebanyak 143 Mahasiswa FAI Umsida Ikuti Yudisium ke 43

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh 150 mahasiswa semester 4 prodi Psikologi yang sedang mendalami mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, mahasiswa aktif pada setiap penjelasan Nishrina yang disertai analogi beliau yang unik. Mereka tampak sangat tertarik dan terlibat dalam diskusi, tak jarang mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada narasumber.

Dalam penjelasannya, Nishrina menekankan pentingnya menyusun matriks perencanaan pembelajaran yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus. “Saya analogikan seperti memilih baju yang pas. Jika pas, tentunya akan terasa nyaman dipakai. Namun, jika kebesaran atau kekecilan, pasti tidak akan nyaman kan? Begitulah pentingnya penyusunan matriks pembelajaran yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus. Masa depan mereka bergantung pada perencanaan yang tepat sasaran, bukan asal-asalan,” terang Nishrina dalam kuliah tamu tersebut.

150 Mahasiswa Psikologi Umsida Siap Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus

Beliau menambahkan, penyusunan matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus membutuhkan kehati-hatian dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan spesifik setiap anak. Hal ini penting untuk memastikan anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti proses belajar dengan optimal dan mencapai perkembangan yang diharapkan.

Kuliah tamu ini mendapat sambutan antusias dari mahasiswa Prodi Psikologi Umsida. Kepuasan juga tampak dari raut wajah para mahasiswa saat meninggalkan ruangan, seolah membawa bekal baru yang sangat berharga bagi pengembangan diri mereka sebagai calon psikolog di bidang pendidikan inklusi. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus diselenggarakan agar mahasiswa memiliki bekal yang memadai sebelum terjun ke dunia kerja.

Baca juga: Pakar Umsida Tanggapi RUU Penyiaran Tentang Larangan Siaran Eksklusif

Salah satu mahasiswa, Rizka Ardilah, mengungkapkan antusiasmenya mengikuti kuliah tamu ini. “Saya sangat tertarik dengan topik yang dibahas. Selama ini ilmu tentang penyusunan matriks perencanaan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus masih terbatas. Kali ini kami mendapat pemahaman yang lebih mendalam dan terperinci dari narasumber yang sangat berpengalaman,” ungkapnya.

“Kerjasama dengan UPTD ABK sangat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi mahasiswa kami. Mereka tidak hanya mendapat teori, tapi juga pengalaman lapangan yang akan membentuk kepekaan dan keterampilan dalam menangani anak berkebutuhan khusus,” jelas Zaki Nur Fahmawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog, dosen pengampu mata kuliah Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.

Ke depan, kuliah tamu dan seat in akan terus diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan. Hal ini dalam rangka memastikan lulusan Prodi Psikologi Umsida benar-benar siap menjadi pendamping pembelajaran yang handal bagi anak berkebutuhan khusus dan berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan inklusif yang sesungguhnya.

Editor: Rani Syahda

Berita Terkini

program KKN internasional
4 Pesan Warek 3 Umsida Saat Lepas Mahasiswa KKN Internasional dan MAS
July 18, 2024By
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By