• Alumni
  • Alumni

Bismillāhirrohmānirrohīm

Assalāmu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh

Syukur Alhamdulillah kita haturkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya kita dapat berdiri tegak dan terus beramal shalih hingga hari ini.

Dalam sejarahnya, UMSIDA dirintis sejak tahun 1984 dengan membuka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sidoarjo. Pada tahun akademik 1987/1988 mendirikan 2 (dua) Sekolah Tinggi, yaitu: Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Muhammadiyah Sidoarjo dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Muhammadiyah Sidoarjo. Selanjutnya pada tahun akademik 1994/1995 mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Sidoarjo dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah Sidoarjo.

Pada tahun 2000, semua Sekolah Tinggi yang ada secara resmi digabung menjadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Sampai dengan semester ganjil tahun akademik 2021/2022 UMSIDA memiliki 10.842 mahasiswa aktif yang tersebar di 5 Fakultas dan 30 Program Studi di Kampus I, II, dan III, yaitu:

  1. Fakultas Agama Islam, dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2), Pendidikan Agama Islam (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), dan Perbankan Syariah (S1);
  2. Fakultas Sains dan Teknologi, dengan Prodi Informatika (S1), Teknik Mesin (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Sipil (S1), Agroteknologi (S1), dan Teknologi Pangan (S1);
  3. Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, dengan prodi Psikologi (S1), Pendidikan Guru SD (S1), Pendidikan Guru PAUD (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan IPA (S1), dan Pendidikan Teknologi Informasi (S1);
  4. Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial, dengan Prodi Magister Manajemen (S2), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Administrasi Publik (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Hukum (S1), dan Bisnis Digital (S1); dan
  5. Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Pendidikan Profesi Bidan (S1), Teknologi Laboratorium Medis (DIV), Manajemen Informasi Kesehatan (DIV), dan Fisioterapi (DIII).

UMSIDA dengan visinya “Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Inovatif dalam Pengembangan IPTEKS Berdasarkan Nilai-Nilai Islam untuk Kesejahteraan Masyarakat” selalu berusaha mengembangkan dan meningkatkan dirinya. Dalam dinamika Pendidikan Tinggi, UMSIDA secara terus-menerus melakukan peningkatan dan pengembangan (continuous improvement) di berbagai bidang, mulai sumber daya manusia, kurikulum pendidikan, kultur akademik, sampai dengan sarana prasarananya.

Dalam upaya pengembangan dan peningkatan suasana akademik, UMSIDA terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan Dosen dan Tenaga Kependidikan yang bermutu. Saat ini UMSIDA memiliki 245 Dosen Tetap dengan jabatan fungsional akademik Guru Besar 1 orang, Lektor Kepala 5 orang, Lektor 49 orang,  Asisten Ahli 120, dan tenaga pengajar 57 orang. Selain itu sebanyak 124 dosen UMSIDA telah tersertifikasi dan 46 dosen bergelar doktor. UMSIDA juga turut mendorong para dosen untuk meningkatkan kualitas akademiknya. Saat ini ada 73 Dosen Tetap yang sedang menempuh studi Program Doktor (S3) di dalam dan luar negeri. Sejalan dengan pertumbuhan mahasiswa, UMSIDA terus menambah jumlah dosen tetap secara proporsional, ke depan diproyeksikan 50% dari jumlah dosen yang ada bergelar Doktor, dan 70% berjabatan fungsional guru besar, lektor kepala, dan lektor.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Unggul di Indonesia UMSIDA telah meraih berbagai prestasi di bidang kelembagaan, penelitian, dan kemahasiswaan. Pada bidang kelembagaan, dalam APT UMSIDA telah Terakreditasi B sejak tahun 2015. 

Dalam akreditasi prodi, saat ini ada 5 Prodi Terakreditasi A (Prodi PAI, PBA, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Teknik Mesin), 20 Prodi Terakreditasi B, dan 5 Prodi baru Terakreditasi C (3 prodi dalam proses reakreditasi dan 2 prodi baru yang baru buka tahun akademik 2021/2022 akan diajukan akreditasi pada tahun 2023/2024).

Pada pemeringkatan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia pada tahun 2021, dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi, dari 4.600-an PTN dan PTS, UMSIDA berada pada peringkat 143 dan peringkat 35 dalam pemeringkatan bidang kemahasiswaan. Pada pemeringkatan Anugrah Kampus Unggul (AKU) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 7 Jawa Timur UMSIDA berada para peringkat 7. Di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia, UMSIDA berada pada peringkat 9 dan kinerja kemahasiswaannya berada pada peringkat 10. Pada pemeringkatan lembaga internasional pada tahun 2021, posisi UMSIDA berada pada peringkat 87 untuk versi 4ICU dan 152 untuk versi Webometric. Pada peringkatan Perguruan Tinggi Islam se dunia UMSIDA berada pada peringkat 59.

Di bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi. Pada pemeringkatan Kemristek Dikti, pada bidang penelitian UMSIDA masuk klaster utama dan bidang pengabdian masyarakat masuk klaster sangat bagus. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipublikasikan di google scholar sebanyak 4.623 artikel, jumlah dokumen google scholar citation sebanyak 4.901, jumlah jurnal terindeks scopus sebanyak 1.156 artikel, di WOS sebanyak 5 artikel, dan jumlah jurnal UMSIDA yang tercatat di Sinta sebanyak  20 jurnal.

Di bidang kemahasiswaan, pada tahun akademik 2020/2021, meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 mahasiswa UMSIDA tetap mengikuti berbagai kegiatan lomba dan olimpiade di tingkat regional, nasional, dan internasional. Jumlah prestasi kompetisi mahasiswa tingkat regional sebanyak 6 prestasi dan di tingkat nasional sebanyak 213 prestasi. Karena prestasi itulah Umsida berhasil meraih peringkat 2 bidang kemahasiswaan berdasarkan penilaian LLDIKTI untuk perguruan tinggi swasta se-Jawa Timur tahun 2021.

Semoga apa yang telah kita lakukan dalam pengembangan lembaga pendidikan ini menambah kepercayaan masyarakat luas serta menjadikan UMSIDA sebagai pilihan utama bagi semua pihak yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Semoga Allah meridhoi.

Wassalāmu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh

 

 

Rektor,
Dr. Hidayatulloh, M.Si.