• Alumni
  • Alumni

Bismillāhirrohmānirrohīm

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh
Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya sehingga kita mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam pengelolaan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

Dalam sejarahnya, UMSIDA dirintis sejak tahun 1984 dengan membuka Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Sidoarjo, selanjutnya pada tahun 1990 membuka Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP). Pada tahun 2000, semua Sekolah Tinggi yang ada secara resmi digabung menjadi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Sampai dengan semester ganjil tahun akademik 2018/2019 ini UMSIDA memiliki 9 Fakultas dan 27 Program Studi, kemudian pada semester genap tahun akademik ini UMSIDA melakukan perampingan fakultas, dari 9 fakultas menjadi 5 fakultas, yaitu: 1) Fakultas Agama Islam, dengan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2), PAI (S1), PBA (S1), PGMI (S1), Hukum Keluarga (Akhwal Syakhsiyah) (S1), dan Perbankan Syariah (S1). Selain itu juga ada Ma’had Putri Umar Bin Khattab, dengan Prodi Bahasa Arab dan Studi Islam (D2) dan Tahfidz al-Qur’an (D2);  2) Fakultas Sains dan Teknologi yang merupakan penggabungan dari Fakutas Teknik dan Fakultas Pertanian, dengan Prodi Informatika (S1), Teknik Mesin (S1), Teknik Industri (S1), Teknik Elektro (S1), Agroteknologi (S1), dan Teknologi Hasil Pertanian (S1); 3) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan yang merupakan penggabungan dari Fakultas Psikologi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dengan prodi Psikologi (S1), PGSD (S1), PG-PAUD (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan IPA (S1), dan Pendidikan Teknologi Informasi (S1); 4) Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial, yang merupakan penggabungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Hukum, dengan Prodi Manajemen (S2), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Administrasi Publik (S1) Ilmu Komunikasi (S1), dan Hukum (S1); dan 5) Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Kebidanan (D-III), Pendidikan Profesi Bidan (S1), Teknologi Laboratorium Medis (D-IV), dan Manajemen Informasi Kesehatan/Rekam Medis (D-IV).

Dari 5 Fakultas dan 27 Prodi tersebut, pada semester ganjil tahun akademik 2018/2019 UMSIDA memiliki 9365 mahasiswa aktif dan pada semester genap ini berjumlah 8.990 mahasiswa aktif yang tersebar di Kampus Majapahit, Kampus Gelam, dan Kampus Pilang. Jumlah mahasiswa yang masuk setiap tahun mengalami peningkatan. Demikian pula jumlah kelulusannya juga mengalami peningkatan. Sejak menjadi Universitas tahun 2000 hingga saat ini, UMSIDA telah meluluskan 13.122 wisudawan, terdiri dari 1.098 Diploma, 11.667 Sarjana, dan 357 Pascasarjana.

UMSIDA dengan visinya “Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Inovatif dalam Pengembangan IPTEKS Berdasarkan Nilai-Nilai Islam untuk Kesejahteraan Masyarakat ” selalu berusaha mengembangkan dan meningkatkan dirinya. Dalam dinamika Pendidikan Tinggi, UMSIDA secara terus-menerus melakukan peningkatan dan pengembangan (continuous improvement) di berbagai bidang, mulai sumber daya manusia, kurikulum pendidikan, kultur akademik, sampai dengan sarana prasarananya.

Dalam upaya pengembangan dan peningkatan suasana akademik, UMSIDA terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan Dosen dan Tenaga Kependidikan yang bermutu. Saat ini UMSIDA memiliki 208 Dosen Tetap. Dari dosen tetap tersebut yang mempunyai jabatan fungsional akademik Guru Besar 1 orang, Lektor Kepala 5 orang, Lektor 40 orang,  Asisten Ahli 89, dan tenaga pengajar 73 orang. Selain itu sebanyak 89 dosen UMSIDA telah tersertifikasi. UMSIDA juga turut mendorong para dosen untuk meningkatkan kualitas akademiknya. Saat ini ada 29 Dosen Tetap yang sedang menempuh studi Program Doktor (S3) di dalam dan luar negeri. Sejalan dengan pertumbuhan mahasiswa, UMSIDA terus menambah jumlah dosen tetap secara proporsional, dan ke depan diproyeksikan 50% dari jumlah dosen yang ada bergelar Doktor.

Dalam pengembangan Program Studi, di tahun akademik 2018/2019 ini Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA telah menambah Prodi Manajemen Informasi Kesehatan (D-IV) serta Pendidikan Profesi Bidan (S1 & Profesi) yang mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2019/2020.

Saat ini Fakultas Ilmu Kesehatan UMSIDA juga sedang proses pembukaan Prodi Fisioterapi (D-III), berikutnya akan segera disiapkan pengajuan untuk Prodi Keperawatan Anestesiologi (D-IV).

Di bidang sarana dan prasarana UMSIDA telah menambah bangunan baru dan renovasi gedung, yaitu: (1) Gedung parkir 5 lantai dan Auditorium di lantai 6 dan 7 di Kampus Sidowayah yang telah diresmikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 30 Maret 2019,(2) Gedung Kuliah Bersama 7 lantai di Kampus Sidowayah, (3) Renovasi Gedung A di Kampus Sidowayah yang akan dijadikan Kantor Pusat UMSIDA, dan (4) Pembangunan At-Tanwir Tower 23 lantai di Kampus Pilang Sidoarjo.

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Unggul di Indonesia UMSIDA telah meraih berbagai prestasi di bidang kelembagaan, penelitian, dan kemahasiswaan. Pada  bidang kelembagaan, dalam APT UMSIDA telah Terakreditasi B (Sangat Baik) sejak tahun 2015 dan saat sedang persiapan Re-akreditasi Institusi pada tahun 2020. Dalam akreditasi prodi, saat ini ada 3 Prodi Terakreditasi A (Prodi PAI, PBA, dan Ilmu Komunikasi), 19 Prodi Terakreditasi B (3 diantaranya sedang proses re-akreditasi untuk naik status dengan target menjadi Terakreditasi A (Prodi Administrasi Publik, Teknik Mesin, dan Agroteknologi), dan 5 Prodi Terakreditasi C (2 Prodi  diantaranya sedang persiapan reakreditasi untuk naik dengan target Terakreditasi B, yaitu Prodi Hukum dan Teknologi Laboratorium Medis).

Pada pemeringkatan Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Kopertis 7 dalam Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2018 UMSIDA meraih Predikat Utama dalam urutan ke-10  . Dari 4.300-an PTN dan PTS se Indonesia pada penilaian Kemenristekdikti RI tahun 2018, UMSIDA berada pada  peringkat 206, pada pemeringkatan SINTA per 27 Januari 2019 UMSIDA berada pada posisi 72, pada Pemeringkatan versi 4ICU pada Januari 2019 UMSIDA berada pada peringkat 114. Sedangkan pada pemeringkatan versi Webometric pada Januari 2019 UMSIDA berada pada peringkat 132.

Di bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi. Pada pemeringkatan Kemristek Dikti, pada bidang penelitian UMSIDA masuk kategori utama dan bidang pengabdian masyarakat masuk kategori memuaskan. Pada tahun akademik 2018/2019, jumlah hibah penelitian dari Ristekdikti sebanyak 16 proposal dan non Ristekdikti sebanyak 53 proposal, jumlah hibah pengabdian masyarakat dari Ristekdikti sebanyak 6 proposal dan non Ristekdikti sebanyak 19 proposal. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipublikasikan di jurnal terindeks scopus sebanyak 9 artikel, prosiding seminar internasional terindeks scopus 43 artikel, jurnal UMSIDA yang tercatat di Sinta 14 jurnal.

Di bidang kemahasiswaan, pada tahun 2018/2019, jumlah prestasi kompetisi mahasiswa non Dikti, tingkat regional sebanyak 8 prestasi dan di tingkat nasional sebanyak 65 prestasi, dan tingkat internasional 11 prestasi. Mahasiswa mengikuti Program Kredit Transfer sebanyak 12 orang di University Utara Malaysia dan pada bulan September 2019 akan berangkat 3 mahasiswa mengikuti Program Kredit Transfer di UNISZA Malaysia. Mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional di Thailand sebanyak 17 mahasiswa pada bulan November 2019 akan berangkat 4 mahasiswa di Thailand.

Semoga apa yang telah kita lakukan dalam pengembangan lembaga pendidikan ini menambah kepercayaan masyarakat luas serta menjadikan UMSIDA sebagai pilihan utama bagi semua pihak yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi. Semoga Allah meridhoi.

Wassalāmu’alaikum Warohmatullohi Wabarokātuh

Sidoarjo, 1 Februari 2019

 

Rektor,
Dr. Hidayatulloh, M.Si.