• Alumni
  • Alumni

Ajak Pahami Fenomena Netnografi di Era Pandemi, Magister Manajemen Umsida Gelar Sharing Session

umsida.ac.id – Program studi S2 Magister Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar sharing session secara daring melalui zoom meeting, Sabtu (22/8).

Acara yang bertajuk Netnografi Sebagai Salah Satu Solusi Riset di Masa Pandemic Covid 19 ini merupakan implementasi dari mata kuliah metodologi penelitian prodi S2 Magister Manajemen Umsida.

Sharing session ini dihadiri oleh Dr Sigit Hermawan SE MSi, Ketua DPRM Umsida selaku keynote speaker, dan lima narasumber dari prodi Magister Manajemen Umsida di antara adalah Susi Murtiningrum SSi, Shinta Didin H M SPsi, Diah Yuliastri SPsi, Dwi Setyowati, dan Chalimatus Sadeyah SPd.

Dalam sesinya, Dr Sigit Hermawan SE MSi menegaskan bahwa mahasiswa itu tugasnya tidak hanya kuliah, tapi harus memiliki sebuah karya. “Mahasiswa itu harus memiliki sebuah karya ilmiah, tidak hanya kuliah saja. tapi harus mampu melakukan riset. Tentang bagaimana agar tetap memberikan pengalaman penelitian kepada mahasiswa S2, namun tetap tidak melanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Pada masa pandemi ini, sambung Sigit, netnografi menjadi salah satu riset yang cocok untuk mengetahui fenomena berbisnis melalui media sosial. “Fenomena berbisnis lewat internet atau media sosial seperti halnya yang dilakukan oleh Ria Ricis dan Atta Halilintar yang bermula bukan siapa-siapa sekarang menjadi sangat kaya raya melalui sebuah youtube,” terangnya.

Sigit menambahkan, “Jadi media-media sosial itu menjadikan mereka itu dari yang namanya zero to hero. Inilah hal yang menarik dari sebuah fenomena yang sangat luar biasa.”

Namun, sangat disesali ketika sebuah youtube memuat konten negatif seperti prank. “Bahkan sekarang orang-orang menggandrungi konten YouTube. Tapi, kadang-kadang tidak beretika, seperti halnya prank sampah,” ungkap Sigit.

Pada akhirnya, Sigit menyampaikan agar mahasiswa, dosen, maupun peneliti dapat melakukan penelitian terkait fenomena ini. “Bagaimana kita sebagai mahasiswa, dosen, atau peneliti bisa mengoreksi. Tentang mereka-mereka yang membuat konten dan ide-ide bagus. Itulah sebabnya mengapa kita harus mempelajari netnografi dalam bidang bisnis. Ini merupakan fenomena yang harus kita ketahui dan menelitinya,” pungkasnya.

ditulis : Erika Mulia Arsy

Edit : Etik Siswatiningrum